Rabu 01 Nov 2023 18:34 WIB

Keberadaan Safe House Ketua KPK Firli Bahuri Dinilai Bentuk Kejanggalan

Alex Tirta mengaku bertemu dengan Firli sekitar tahun 2020.

Rep: Eva Rianti/ Red: Agus raharjo
Polisi bersiap menggeledah rumah Ketua KPK Firli Bahuri di Jalan Kertanegara, Kebayoran Baru, Jakarta, Kamis (26/10/2023). Penggeledahan tersebut diduga terkait kasus dugaan pemerasan mantan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo oleh Ketua KPK Firli Bahuri. Selain di Kertanegara, rumah Ketua KPK Firli Bahuri di Perumahan Villa Galaxy, Bekasi, Jawa Barat, juga digeledah oleh Polisi.
Foto:

Rumah di Jalan Kertanegara Nomor 46 diketahui viral dan menjadi perbincangan publik pasca-dilakukan penggeledehan oleh tim kepolisian dari Polda Metro Jaya. Hal itu kaitannya dengan proses pemeriksaan yang merupakan rangkaian penyelidikan dalam kasus dugaan pemerasan Firli Bahuri terhadap eks menteri Pertanian SYL.

 

Berdasarkan keterangan pihak kepolisian, pemilik rumah Kertanegara Nomor 46 adalah berinisial E, dan penyewanya adalah Alex Tirta, bos hotel Alexis. Adapun sewa rumah tersebut tak tanggung-tanggung mencapai hingga Rp 650 juta per tahunnya.

Hal itu disampaikan oleh Direktur Reserse Kriminal Khusus Polda Metro Jaya Kombes Pol Ade Safri Simanjuntak. Namun, informasi berbeda dikemukakan oleh kuasa hukum Ketua KPK Firli Bahuri, Ian Iskandar. Ian menyatakan bahwa kliennya yang langsung menyewa rumah tersebut.

Dananya pun dari kantong pribadi Firli. Ian juga mengeklaim, rumah itu sengaja disewa Firli sebagai tempat singgah, terlebih posisinya yang dekat dengan lapangan bulu tangkis Perguruan Tinggi Ilmu Kepolisian (PTIK).

 

"Informasi menarik rumah di Jalan Kertanegara itu disewa oleh Tirta Djuwana Darmadji alias Alex Tirta, Ketua Harian PBSI sekaligus bos Hotel Alexis. Di berbagai media disebutkan, Alex Tirta diketahui merupakan pemilik usaha tempat hiburan malam yang paling besar di Jakarta. Ada pertanyaan mengganjal, apa hubungannya Alex Tirta dan Ketua KPK, apakah ada relasinya dengan penutupan Alexis oleh mantan gubernur (DKI Jakarta) Anies Baswedan?" tutur Bambang.

 

Ikut digeledah penyidik Polda Metro Jaya...

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement