Rabu 03 Jul 2024 20:01 WIB

Timnas U-16 Peringkat Ketiga di Piala AFF U-16, Erick Thohir Bangga dan Ingatkan Ini

Timnas U-16 berkesempatan membuktikan kemampuan lagi di Kualifikasi Piala Asia U-17.

Rep: Fitriyanto/ Red: Israr Itah
Ketua Umum PSSI Erick Thohir
Foto: Dok PSSI
Ketua Umum PSSI Erick Thohir

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Timnas Indonesia U-16 meninggalkan gelanggang ASEAN Boys 16 Championships dengan kepala tegak. Muhammad Zahaby Gholy dkk meraih peringkat ketiga pada ajang yang kerap disebut Piala AFF U-16 itu setelah menang telak 5-0 atas Vietnam U-16 di Stadion Manahan, Solo, Rabu (2/7/2024) petang.

Ketua Umum PSSI Erick Thohir menyambut positif kemenangan Garuda Muda. Skuad asuhan Nova Arianto mampu bangkit usai gagal melangkah ke babak final setelah dikalahkan Australia 3-5 dalam partai semifinal dramatis, Senin (1/7/2024) lalu.

Baca Juga

"Saya bangga tim nasional U-16 menang lawan Vietnam dengan jumlah gol yang besar. Namun, kita jangan menjadi besar kepala. Justru kekalahan dari Australia kemarin harus jadi bagian dari introspeksi diri, baik dari pemain maupun pelatih. Apalagi kita masuk ke kejuaraan ini sebagai juara bertahan," ujar Erick.

Ia menambahkan peringkat ketiga di Piala AFF U-16 2024 dan kemenangan besar yang dicetak timnas muda ini menjadi modal menuju pertandingan pada Oktober mendatang. Timnas U-16 akan melawan Kuwait, Kepulauan Mariana Utara, dan Australia pada Kualifikasi Piala Asia U-17 2025.

"Pada laga-laga itu, kita harus membuktikan bahwa timnas kita lebih baik dari hari ini. Bisa bangkit dari kekalahan, lalu cetak gol banyak, menunjukkan kita punya mental pemenang," jelasnya.

Sejak awal laga, timnas U-16 mendominasi permainan. Serangan-serangan yang dilancarkan membuat Vietnam agak kesulitan. Timnas U-16 akhirnya mencetak gol di menit 45. Menerima umpan terobosan dari Fandi Ahmad, Gholy melepas sepakan datar yang bersarang di jala Vietnam.

Timnas U-16 Indonesia mencetak gol kedua di menit 45+4. Mendapat umpan dari Josh Holong, Dafa Zaidan melepas sepakan datar di bibir kotak penalti, bola meluncur masuk gawang tanpa bisa diadang kiper Vietnam. Babak pertama berakhir 2-0.

Pada babak kedua, timnas U-16 mencetak gol ketiga pada menit ke-76. Daniel Alfrido yang menggantikan Fandi menambah gol dengan aksi individu menawan.

Pada menit ke-78, gol keempat timnas U-16 tercipta. Mierza Firjatullah yang menggantikan Josh melakukan penetrasi hingga kotak penalti lalu melepas umpan tarik datar, bola ditendang Gholy masuk gawang Vietnam.

Timnas U-16 mencetak gol kelima pada menit ke-82. Menyambut umpan Mierza, Alfrido kembali menjebol gawang Vietnam. Skor 5-0 bertahan hingga peluit panjang berbunyi.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement