Rabu 01 Nov 2023 18:34 WIB

Keberadaan Safe House Ketua KPK Firli Bahuri Dinilai Bentuk Kejanggalan

Alex Tirta mengaku bertemu dengan Firli sekitar tahun 2020.

Rep: Eva Rianti/ Red: Agus raharjo
Polisi bersiap menggeledah rumah Ketua KPK Firli Bahuri di Jalan Kertanegara, Kebayoran Baru, Jakarta, Kamis (26/10/2023). Penggeledahan tersebut diduga terkait kasus dugaan pemerasan mantan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo oleh Ketua KPK Firli Bahuri. Selain di Kertanegara, rumah Ketua KPK Firli Bahuri di Perumahan Villa Galaxy, Bekasi, Jawa Barat, juga digeledah oleh Polisi.
Foto:

Sebelumnya, rumah yang diduga sebagai safe house di Jalan Kertanegara Nomor 46, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, tidak disewa langsung ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Komjen (Purn) Firli Bahuri. Ternyata, rumah tersebut disewa bos Hotel Alexis, Alex Tirta.

 

"Yang menyewa rumah Kertanegara Nomor 46 Jaksel adalah Alex Tirta," ujar Direktur Reserse Kriminal Khusus Polda Metro Jaya, Komisaris Besar Ade Safri Simanjuntak kepada awak media di Jakarta, Selasa (31/10/2023).

 

Menurut Ade, rumah yang terletak di kawasan elite tersebut tercatat dimiliki seseorang berinisial E. Namun, sang pemilik menyewakannya kepada Alex Tirta dengan biaya sewa mencapai ratusan juta per tahun.

 

Hanya saja, hingga saat ini, belum diketahui apa hubungan antara bos Alexis dan Firli. "Pemilik rumah Kertanegara Nomor 46 Jaksel adalah E. Sewanya sekira Rp 650 juta setahun," ungkap Ade.

 

Rumah yang diduga safe house dari Firli tersebut tidak luput dari penggeledahan tim penyidik Subdit Tipikor Ditreskrimsus Polda Metro Jaya. Penggeledahan ini terkait dengan kasus dugaan pemerasan terhadap mantan menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo terkait kasus korupsi di Kementan pada 2021.

 

Karena itu, penyidik selain menggeledah rumah Firli di Kota Bekasi, juga mendatangi rumah di Jalan Kartenegara. "(Penggeledahan) dalam rangka upaya penyidikan, guna mencari serta mengumpulkan bukti," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Trunoyudo Wisnu Andiko.

 

Bantahan pihak Firli kenal Alex Tirta...

photo
Kuasa Hukum Ketua KPK Firli Bahuri, Ian Iskandar mengaku memantau langsung jalanannya penggeledahan di rumah kliennya. Dia memastikan selam tiga jam penggeledahan di rumah Firli Bahuri di Perumahan Villa Galaxy A1-A2, Penyidik Polda Metro Jaya tidak mendapat apa-apa. - (Republika/ Ali Yusuf)

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement