Sabtu 26 May 2018 04:12 WIB

Puluhan Truk Sampah Hibah DKI di Bekasi Rusak

Pemkot Bekasi berencana mengembalikan truk sampah yang rusak ke Pemprov DKI

Truk sampah
Foto: Blogspot
Truk sampah

REPUBLIKA.CO.ID, BEKASI -- Dinas Lingkungan Hidup Kota Bekasi, Jawa Barat, mencatat sekitar 20 dari total 50 unit truk sampah bekas hasil hibah Pemerintah Provinsi DKI Jakarta mengalami kerusakan serius. Seluruh hibah truk sampah DKI itu diterima sejak kurun waktu 2015, 2016 dan 2017.

"Kami tidak dapat memperbaiki kendaraan itu karena masih atas nama Pemprov DKI Jakarta. Lagi pula, biaya perbaikan suku cadangnya mahal, setara kalau kita beli satu unit baru," kata Kepala Dinas LH Kota Bekasi Jumhana Luthfi di Bekasi, Jumat (25/5).

Menurut dia, truk tersebut mengalami keruskan pada suku cadang yang vital, seperti mesin, korosi pada bagian body kendaraan, perseneling, rem dan lainnya. "Kerusakan truk tersebut kami deteksi dalam proses verifikasi seluruh truk DKI yang ada," katanya.

Oleh karena itu, Pemerintah Kota Bekasi berencana mengembalikan truk sampah yang diberikan Pemprov DKI Jakarta yang kini dalam kondisi rusak parah. "Sekitar 20-an unit dari 50 unit truk sampah yang diberikan dalam kondisi rusak. Makanya saya berinisiatif mengembalikan karena sudah tidak bisa diapa-apakan," katanya.

Dikatakan Luthfi, pihaknya juga tengah mengKalkulasi kebutuhan dana bagi perbaikan truk yang tidak terlalu parah mengalami kerusakan. "Untuk kerusakan ringan akan kita danai melalui APBD. Saat ini sedang kita hitung jumlahnya," katanya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement