Selasa 29 Aug 2023 16:17 WIB

Gelar Pentas Sastra Puisi dan Teater, Ganjar Creasi Apresiasi Seni Budaya Bangsa

Harapannya supaya kesenian di Indonesia ini terus berkembang.

Ganjar Creasi (G-Creasi), menggelar pentas senja sastra puisi dan teater bertema
Foto: Dok. Web
Ganjar Creasi (G-Creasi), menggelar pentas senja sastra puisi dan teater bertema

REPUBLIKA.CO.ID, SURABAYA -- Kelompok relawan alumni muda UB, ITS dan UNAIR yang berjejaring dalam Ganjar Creasi (G-Creasi), menggelar pentas senja sastra puisi dan teater bertema 'Karya Jiwa Cipta Rasa'. Kegiatan G-Creasi yang diadakan di Wisma Bahagia, Kecamatan Wonocolo, Kota Surabaya, Jawa Timur berkolaborasi dengan Teater Sua sebagai salah satu wadah pelaku teater dan pecinta seni. 

"Ini Senja Sastra Puisi dan Teater yang di mana bertema Karya Jiwa Cipta Rasa. Itu kami memadukan antara dua jenis karya seni, yaitu teater dan puisi yang kita sajikan kepada peserta supaya bisa menyaksikan dalam bentuk yang penuh emosi," ujar Koordinator Wilayah G-Creasi Surabaya, Afrim Rifky Ariel, seperti dinukil pada Selasa (29/8/2023). 

Baca Juga

Afrim menjelaskan, penampilan yang disajikan dalam acara merupakan perpaduan dari seni puisi dan teater yang dibawakan langsung oleh para peserta yang menekuni dunia tersebut. 

Para penampil yang membawakan puisi pun tampak serius dan mendalami keseluruhan isi puisi, sambil menyajikan aksi teatrikal melalui gerak tubuh. 

Afrim menyebutkan, G-Creasi sebagai salah satu perkumpulan alumni muda perguruan tinggi berupaya untuk terus mewadahi kesenian dan kebudayaan bangsa, termasuk dalam bidang puisi dan teater. 

"Tujuan acara ini untuk memberikan platform kepada seniman-seniman bahwa kita bisa berkembang dalam dunia kesenian dan kebudayaan di Indonesia itu," kata Afrim. 

Dia juga berharap, seluruh pertunjukan kesenian dan kebudayaan yang membawa nilai-nilai kebangsaan dapat didukung sepenuhnya oleh masyarakat dan juga pemerintah. 

"Harapannya supaya kesenian di Indonesia ini terus berkembang dan dari segi pemerintahan itu difasilitasi terus, dalam artian bisa untuk mengembangkan kebudayaan supaya masyarakat tidak lupa bahwa Indonesia kaya akan kesenian dan kebudayaan," tutur Afrim. 

Terkait motivasi dan inspirasi kegiatan G-Creasi, Afrim menyampaikan bahwa sosok Ganjar Pranowo merupakan contoh pemimpin yang selalu menunjukkan kepedulian dan support terhadap perkembangan kesenian dan kebudayaan. 

Pasalnya, bakal calon presiden (bacapres) 2024 berambut putih itu kerap kali mendatangi dan mendukung langsung pertunjukan kesenian dan kebudayaan, terutama yang berkaitan dengan seni budaya daerah dan bangsa. 

Oleh sebab itu, G-Creasi tergerak untuk bersama Ganjar Pranowo mendukung penuh perkembangan dan kemajuan seni budaya di Tanah Air.

"Acara ini kami mengambil contoh dari Pak Ganjar karena Pak Ganjar orang yang sangat mengapresiasi terhadap kesenian dan kebudayaan di Indonesia, beliau juga terus mensupport acara kesenian dan kebudayaan itu sendiri," ucap Afrim. 

Beberapa hari sebelumnya, G-Creasi juga merangkul para pemuda dengan menggelar peringatan Hari Ulang Tahun ke-78 Republik Indonesia melalui sejumlah lomba, salah satunya panjat pinang di Taman Hutan Raya Pakal Surabaya, Jawa Timur.

Koordinator Wilayah G-Creasi Surabaya Afrim Rifky Ariel menjelaskan kegiatan tersebut diikuti puluhan peserta yang didominasi kalangan pemuda. Selain memeriahkan peringatan hari kemerdekaan, kegiatan ini juga diharapkan dapat memupuk rasa nasionalisme dan persatuan para peserta. 

"Harapan saya agar bisa memupuk rasa persatuan, rasa kebersamaan, juga semangat gotong royong untuk masyarakat," ucapnya, demikian dilansir dari Antara

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement