Rabu 02 Aug 2023 09:25 WIB

Kota Bogor akan Bangun GOR Baru Tahun Depan

GOR baru akan dibangun di Bogor Barat, Kota Bogor, Jawa Barat.

Rep: Shabrina Zakaria/ Red: Nora Azizah
Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor, Jawa Barat, berencana membangun GOR baru tahun depan (Foto: ilustrasi)
Foto: ABDAN SYAKURA/REPUBLIKA
Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor, Jawa Barat, berencana membangun GOR baru tahun depan (Foto: ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR -- Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor berencana membangun Gelanggang Olahraga Masyarakat (GOM) di Kecamatan Bogor Barat tahun depan. GOM ini nantinya akan berada di bawah naungan Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kota Bogor.

“Dispora kalau ini (GOR Bogor Barat). Estimasi anggarannya sekitar Rp 7 miliar sampai Rp 8 miliar,” kata Wakil Wali Kota Bogor, Dedie A Rachim, dikutip Rabu (2/8/2023).

Baca Juga

Dedie mengatakan, Pemkot Bogor melakukan persiapan teknis dengan meninjau lahan lokasi pembangunan GOM, agar pembangunan nanti tidak terhambat. Sebab, rencananya Pemkot Bogor akan meneruskan pembangunan GOR Bogor Barat ini pada tahun anggaran 2024.

“Kita meninjau terkait dengan jalan akses yang harus kita siapkan, supaya nanti proses pembangunan paling tidak (terantisipasi) untuk masalah pengangkutan material dan alat-alat beratnya,” katanya.

Menurut dia, keberadaan GOM ini dinantikan oleh masyarakat. Sekaligus akan diproyeksikan juga sebagai sarana penunjang untuk Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) 2026.

Menurut Dedie, secara garis besar, konsep GOM Bogor Barat ini tidak jauh berbeda dengan GOM di Kecamatan Bogor Selatan dan Utara. Di mana, GOM ini nantinya akan dilengkapi fasilitas seperti lapangan bola, lapangan tertutup yang bisa diperuntukan untuk badminton, basket dan lain sebagainya. 

Ia menyebutkan, peruntukan utama dibangunnya GOM ini ialah sebagai sarana penunjang kesehatan masyarakat. “Intinya) meningkatkan aktivitas masyarakat di bidang keolahragaan. (Untuk lapangan bola) bentuknya mungkin mini soccer plus ya. Karena lahannya cukup memadai, ini ada satu setengah hektaran yang bisa bersebelahan dengan GKI Pengadilan Bogor Barat,” jelas Dedie.

Disinggung apakah akan ada foodcourt di GOM Bogor Barat nanti, Dedie menyebut hal itu merupakan salah satu bagian dari sarana penunjang yang akan disiapkan. Sehingga hal itu akan dipertimbangkan untuk ekonomi masyarakat.

“Oh itu kan sarana penunjang, selalu lah ya, nanti kita pikirkan untuk meningkatkan juga ekonomi masyarakat” ucap dia.

Di samping itu, kata dia, Pemkot Bogor juga rencana membangun lapangan sepak bola baru yang berada di Kecamatan Bogor Barat. Tepatnya di samping Gereja Kristen Indonesia (GKI) Bogor Barat, bakal dibangun Pemkot Bogor tahun depan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement