Jumat 23 Jun 2023 16:27 WIB

Siswa Sekolah Indonesia Juara Kompetisi Matematika di Belanda

Jadi juara kompetisi matematika di Belanda merupakan kebanggaan sekolah Indonesia.

Ilustrasi lomba matematika.
Foto: Shabrina Zakaria/Republika
Ilustrasi lomba matematika.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Siswa Sekolah Indonesia Den Haag (SIDH), Jonathan Libazkiel Sinurat, menjuarai kompetisi matematika W4Kangoeroe se-Belanda tahun ini.

Duta Besar RI untuk Belanda Mayerfas, yang mewakili penyelenggara, menyerahkan medali dan hadiah bagi Jonathan sebagai Juara 1.

Baca Juga

"Semoga prestasi yang membanggakan ini dapat dipertahankan sebagai motivasi dan teladan bagi siswa-siswa Sekolah Indonesia di Belanda dan negara akreditasi mana pun," kata Mayerfas dalam keterangan tertulisnya pada Jumat (23/6/2023).

Jonathan, siswa kelas 11, mengaku bahwa soal-soal tahun ini lebih sulit dan bervariasi dibandingkan tahun lalu.

 

Keberhasilannya tahun ini pada level wizPROF merupakan kemenangan kedua secara berturut-turut.

W4Kangoeroe (WereldWijde Wiskundewedstrijd Kangoeroe) adalah kompetisi matematika populer di Belanda dan diadakan rutin setiap tahun sejak 1995 untuk menumbuhkan kecintaan siswa sekolah pada matematika.

Kompetisi ini terdiri dari 6 level kesulitan yakni wizFUN, wizKID, wizSMART, wizBRAIN, wizPROF and juga wizEXPERT.

Selepas pandemi, kompetisi W4Kangoeroe 2023 diadakan secara tatap muka pada Maret 2023 dan diikuti oleh 94.176 peserta yang mewakili 2.033 sekolah, mulai dari sekolah dasar sampai universitas.

Hasil lengkap kompetisi tersebut diterima pihak SIDH dan KBRI Den Haag pada Juni 2023.

SIDH adalah bagian dari Sekolah Indonesia Luar Negeri yang berada di bawah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI dan KBRI Den Haag.

Dengan visi 'Indonesian Values, International Standard', SIDH memberikan pendidikan berkualitas dengan kurikulum Indonesia untuk jenjang SD sampai SMA bagi anak-anak Indonesia secara luring di Belanda dan secara daring di kawasan Eropa lewat program pendidikan jarak jauh.

sumber : Antara
Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement