Sabtu 27 Apr 2024 18:49 WIB

Final KMNR-19 dan OGM-9 akan Diikuti Ribuan Peserta dari Seluruh Indonesia

KMNR dan OGM mendorong para peserta untuk berkompetisi dengan nalar tinggi.

Klinik Pendidikan MIPA (KPM) akan kembali menyelenggarakan babak final Kompetisi Matematika Nalaria Realistik (KMNR) ke-19 dan Olimpiade Guru Matematika (OGM) ke-9 pada Ahad (28/4/2024).
Foto: Klinik Pendidikan MIPA
Klinik Pendidikan MIPA (KPM) akan kembali menyelenggarakan babak final Kompetisi Matematika Nalaria Realistik (KMNR) ke-19 dan Olimpiade Guru Matematika (OGM) ke-9 pada Ahad (28/4/2024).

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR -- Klinik Pendidikan MIPA (KPM) akan kembali menyelenggarakan babak final Kompetisi Matematika Nalaria Realistik (KMNR) ke-19 dan Olimpiade Guru Matematika (OGM) ke-9 pada Ahad (28/4/2024). Acara ini diikuti oleh ribuan peserta dari seluruh Indonesia, yang siap menunjukkan kemampuan dan dedikasi mereka dalam bidang matematika.

Pada tahun ini, babak final KMNR-19 & OGM-9 diadakan di Ecovention Hall, Taman Impian Jaya Ancol, Jakarta, setelah sebelumnya pada KMNR-18 dan OGM-8 dilaksanakan di Kantor Pusbang SDM Aparatur Perhubungan, Bogor. Hal ini karena jumlah peserta yang bertambah secara signifikan, sehingga memerlukan ruang yang lebih luas dan aksesibilitas yang lebih baik bagi peserta dari luar kota. Ini menunjukkan komitmen KPM untuk memastikan acara ini berjalan lancar dan memberikan pengalaman yang berharga bagi semua peserta.

Baca Juga

Kompetisi ini tidak hanya tentang penghargaan, tetapi juga tentang semangat kompetisi yang sehat dan pembelajaran. Dengan konsep "bayaran seikhlasnya," KMNR dan OGM mendorong para peserta untuk berkompetisi dengan nalar tinggi dan menghargai proses belajar yang berkelanjutan.

KMNR-19 telah melewati tiga tahapan kompetisi yang ketat sejak dimulainya babak penyisihan pada Ahad 26 November 2023, dengan partisipasi luar biasa dari 63.070 peserta. Babak semifinal pada Ahad 25 Februari 2024, melibatkan 20.072 peserta, dan sekarang, pada babak final, 2.790 peserta dari kelas 1 SD hingga 12 SMA akan bersaing memperebutkan penghargaan. Sementara itu, OGM-9 juga telah memasuki tahap akhirnya. Setelah babak penyisihan pada Ahad 25 Februari 2024, yang diikuti oleh 809 peserta, babak final akan berlangsung pada Ahad 28 April 2024, dengan 407 peserta mulai dari Guru SD hingga Guru SMA

Bagi para pemenang KMNR-19, KPM menyediakan berbagai penghargaan menarik, seperti medali, trofi, sertifikat, voucher, kesempatan untuk mengikuti lomba internasional, serta tabungan pendidikan. Sementara itu, para pemenang OGM akan menerima manfaat berupa sertifikat, trofi, merchandise, dan pembinaan guru secara daring. Manfaat dari KMNR-19 dan OGM-9 ini tidak hanya hadiah materi, tetapi juga pengalaman berharga dalam sebuah kompetisi yang kompetitif dan inspiratif.

Persiapan untuk babak final KMNR-19 dan OGM-9 telah berlangsung lancar, mencakup persiapan soal dan juga penyiapan tempat. Muchammad Fachri, selaku ketua pelaksana, menyatakan, kerja sama dengan pihak Ancol telah terjalin, dan mereka telah melakukan berbagai persiapan agar pelaksanaan babak final ini dapat berjalan dengan lancar.

Selain itu, persiapan soal telah dilakukan dengan seksama dari jauh-jauh hari. Soal pilihan yang disajikan untuk tahun ini mengalami perubahan signifikan dibandingkan dengan tahun sebelumnya. "Kami menyusun soal-soal baru yang belum pernah ditemui sebelumnya, termasuk soal-soal isian singkat dan soal-soal uraian. Kami berharap bahwa KMNR dan OGM kali ini akan memberikan pengalaman baru yang menarik bagi para peserta, baik siswa maupun guru, dalam menyelesaikan tantangan matematika,” ujarnya.

KMNR dan OGM hadir sebagai sahabat pelajar serta guru di Indonesia untuk mengembangkan bakat dan minat di bidang Matematika. Hal tersebut didukung soal-soal yang mengandalkan nalar dan juga berintegrasi dengan karakter. Sehingga siswa tidak hanya pintar Matematika, melainkan juga menciptakan pelajar dan guru yang berakhlak mulia. 

KPM mengucapkan terima kasih kepada seluruh panitia KMNR dan OGM di daerah seperti, Cabang KPM, KMS, PJ Wilayah, Agen KPM, Anggota Jaringan Suprarasional, lembaga pendidikan/sekolah, Bapak/Ibu guru, orang tua siswa, dan seluruh peserta serta seluruh pihak yang telah mendukung dan memberikan kepercayaan pada ajang KMNR dan OGM tahun 2024.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement