Sabtu 12 Aug 2023 08:21 WIB

Peserta dan Guru Sambut Positif Australian Mathematics Competition 2023

AMC memberikan dampak positif, melatih ketekunan dan bertanggung jawab.

para peserta dan guru pendamping dengan semangat menceritakan pengalaman mereka usai menjadi bagian dalam Australian Mathematics Competition (AMC) 2023.
Foto: Klinik Pendidikan MIPA
para peserta dan guru pendamping dengan semangat menceritakan pengalaman mereka usai menjadi bagian dalam Australian Mathematics Competition (AMC) 2023.

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR -- Setelah periode tantangan yang dihadapi selama pandemi global, para peserta dan guru pendamping dengan semangat menceritakan pengalaman mereka usai menjadi bagian dalam Australian Mathematics Competition (AMC) 2023.

Acara ini diselenggarakan secara luring oleh Klinik Pendidikan MIPA (KPM) pada Kamis (10/8/2023) dan menjadi momen penting dalam memotivasi semangat belajar dan kembali berkompetisi dalam dunia matematika.

Baca Juga

"Perasaan saya setelah berpartisipasi dalam perlombaan ini, saya merasa senang bangga dan pengalaman yang saya dapatkan dari mengerjakan soal soal ini. Saya bisa mendapat referensi baru. Lalu, soal-soal ini sangat mengasah logika dan penyampaian soal-soalnya juga menarik,” kata Ghaliza P Ramadhanti, siswi asal SMAN 1 Bogor.

Hal senada juga diungkapkan Shafa Maharani lubis yang mengaku termotivasi karena banyak soal logika. “Banyak soal logika di AMC ini dan juga ada banyak soal yang menghitung,” kata siswi kelas 6 SD Victory Plus Bekasi ini, dalam siaran pers.

Kendati harus menempuh perjalanan jauh dari Ciamis ke Bogor tak mempengaruhi semangat seorang guru untuk mendampingi siswanya agar bisa berkompetisi AMC. “Tahun ini jadi lebih semangat gitu. Meskipun memang kita tahu bersama bahwa sebelumnya ada Covid-19 gˆitu, ya. Alhamdulillah, tetap semangat, tadi juga sudah difoto dan tersenyum,” kata Miftah Farid, guru MTs Al-Fadliliyah Darussalam Ciamis.

Pada kesempatan terpisah, Guru SD Kartika 1-9 Pekanbaru, Eko Rubianto, menyambut positif dari hadirnya AMC. Eko pun tak segan memberikan apresiasi dan dukungan serta motivasi kepada siswanya yang telah berjuang.

“Salam hebat buat siswa-siswi kita yang luar biasa dan mereka adalah siswa-siswi terpilih untuk kegiatan yang diselenggarakan dan mereka adalah siswa yang sangat antusias untuk meraih kesuksesannya. Kesuksesan di bidang pendidikan untuk meraih suatu prestasi yang lebih tinggi dari prestasi prestasi yang ada sebelumnya. Nah, salah satu komitmen dari kita sebagai tenaga pendidik adalah menjaga stabilitas belajar,” ujar Eko.

Eko pun menambahkan bahwa gambaran tantangan dunia itu harus kita hadapi secara nyata terutama adalah perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang akan semakin berkembang secara pesat. 

“Dalam hal ini AMC sangat memberikan dampak yang positif sekali. Sangat bagus untuk diikuti. Mengapa? Karena dengan AMC ini putra-putri kita, siswa siswi kita akan berlatih untuk belajar dengan tekun, belajar dengan disiplin dan mereka akan bertanggung jawab dengan hasil karya mereka secara nyata dan dengan kesuksesan mereka ini, kita juga berharap bahwa mereka adalah calon-calon generasi emas, bagi Indonesia emas di masa mendatang,” kata Eko Rubianto.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement