Rabu 27 Sep 2023 09:39 WIB

Hampir Tembus 2.000 Peserta! Kompetisi Matematika dan Sains Indonesia Sukses Digelar

KMSI digelar bertujuan untuk memaksimalkan potensi siswa.

Sebanyak 1.975 peserta berpartisipasi dalam kompetisi bergengsi yang dihelat Klinik Pendidikan MIPA (KPM) secara daring (online) pada Ahad (24/9/2023).
Foto: Klinik Pendidikan MIPA
Sebanyak 1.975 peserta berpartisipasi dalam kompetisi bergengsi yang dihelat Klinik Pendidikan MIPA (KPM) secara daring (online) pada Ahad (24/9/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR -- Kompetisi Matematika dan Sains Indonesia (KMSI) menggelar edisi tahunan dengan sukses dan gemilang. Meskipun dalam situasi pascapandemi, hampir 2.000 peserta dari seluruh penjuru Indonesia, tepatnya 1.975 peserta berpartisipasi dalam kompetisi bergengsi yang dihelat Klinik Pendidikan MIPA (KPM) secara daring (online) pada Ahad (24/9/2023).

Meskipun tantangan recovery pascapandemi Covid-19 masih terus bergeliat, semangat belajar dan semangat kompetisi tetap menyala terang di antara peserta yang didominasi kelas 4-6 SD/MI/sederajat. KMSI, yang merupakan salah satu kompetisi paling diantisipasi dalam kalender pendidikan, menjadi bukti nyata akan semangat mereka.

Baca Juga

Kepala Bagian Lomba, Tri Jumsari, mengatakan KMSI digelar bertujuan untuk memaksimalkan potensi siswa dengan merangsang kreativitas, mengembangkan pemikiran kritis dan analitis para siswa. Hal ini penting untuk diberikan kepada siswa di tingkat sekolah dasar karena mereka berada di "masa keemasan pendidikan”. Sehingga, program ini diselenggarakan di tingkat nasional dengan peserta dari berbagai Sekolah Dasar di Indonesia.

"Selain itu, lomba juga bertujuan untuk meningkatkan rasa percaya diri, wawasan global, dan daya saing peserta," ujar Tri dalam keterangan pers.

KMSI jalan pembuka menuju IMSO 2023

Kompetisi Matematika dan Sains Indonesia (KMSI) telah lama menjadi batu loncatan penting bagi para siswa berbakat dalam perjalanan mereka menuju kompetisi sains internasional prestisius, International Mathematics and Science Olympiad (IMSO). Sebagai kompetisi tingkat nasional yang unggul, KMSI membuka pintu bagi para peserta untuk mengukur diri mereka dan mempersiapkan diri untuk tantangan dunia di tingkat internasional.

Tri menambahkan jika para peserta KMSI yang meraih penghargaan dalam ajang tersebut, berkesempatan mengikuti IMSO 2023. “Bagi para peraih penghargaan akan mendapatkan golden ticket mendaftar IMSO, trofi, medali, e-sertifikat, dan voucher potongan biaya mengikuti IMSO, ujarnya.

Hasil dari kompetisi ini sedang dalam proses penilaian yang ketat, dan pemenang akan diumumkan pada Jumat (29/9/2023) melalui tayangan video di Channel YouTube KPM Seikhlasnya. Klinik Pendidikan MIPA, selaku penyelenggara KMSI, mengucapkan terima kasih kepada semua peserta, guru pembimbing, dan orang tua yang telah memberikan kepercayaan dan berpartisipasi dalam acara ini.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement