Senin 15 Feb 2016 12:28 WIB

Tiba di California, Jokowi Bakal Hadiri Pertemuan ASEAN-AS

Rep: Halimatus Sa'diyah/ Red: Bilal Ramadhan
Jokowi
Foto: setkab.go.id
Jokowi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Presiden Joko Widodo beserta Ibu Negara Iriana dilaporkan telah tiba di Bandar Udara Internasional Palm Springs, California, Amerika Serikat, Ahad sore (14/2), pukul 17.00 waktu setempat.

Kedatangan rombongan Presiden disambut Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh (LBBP) Republik Indonesia untuk Amerika Serikat Budi Bowoleksono dan Asisten Kepala Protokol Amerika Serikat Gladys Boluda.

Tim Komunikasi Presiden Ari Dwipayana menyebut, dari bandara, Presiden dan Ibu Negara bersama rombongan menuju ‎kawasan Indian Wells, California untuk bermalam. Esok paginya, Presiden akan langsung menghadir pembukaan ASEAN-US Summit yang digelar di Sunnylands, California, pada 15-16 Februari 2016.

Dari Sunnylands, Presiden akan bertolak menuju San Fransisco untuk menyampaikan pidato kuncinya pada acara US-ASEAN Business Council (US-ABC) pada tanggal 17 Februari 2016. Indonesia sendiri akan mengusung tema ‘Kerjasama untuk Perdamaian dan Kesejahteraan (Partnership for Peace and Prosperity)’.

Presiden Jokowi menilai, baik ASEAN maupun AS memiliki kewajiban untuk menciptakan perdamaian dan stabilitas kawasan serta dunia. Tak hanya itu, Presiden Jokowi juga dijadwalkan akan memimpin sesi pembahasan mengenai terorisme.

Dalam kesempatan itu, mantan wali kota Solo tersebut akan membagikan pengalaman Indonesia, sebagai negara berpenduduk muslim terbesar di dunia, dalam membangun toleransi, mencegah radikalisasi serta memberantas terorisme.

Setelah rangkaian konferensi selesai, Ari mengatakan, Jokowi dijadwalkan mengunjungi Silicon Valley, yang menjadi markas perusahaan-perusahaan raksasa di bidang IT, antara lain Microsoft, Google, Yahoo! dan Adobe. Di sana, Presiden akan bertemu dengan para CEO dari perusahaan-perusahaan raksasa tersebut.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement