Senin 26 Feb 2024 19:10 WIB

UNSIA Gandeng Dinas Pendidikan DKI Tingkatkan Kompetensi Siswa SMK

Tamatan SMK di DKI Jakarta diharapkan tidak menjadi beban namun jadi aset.

Universitas Siber Asia (UNSIA) menandatangani kerja sama dengan Provinsi DKI Jakarta dalam bidang Tri Darma Perguruan Tinggi dan Peningkatan Kompetensi Siswa Sekolah Menengah Kejuruan dan Tamatan Lulusan Menengah Kejuruan melalui Program Link & Match, Senin (26/2/2024), di Kantor Dinas Pendidikan DKI Jakarta.
Foto: UNSIA
Universitas Siber Asia (UNSIA) menandatangani kerja sama dengan Provinsi DKI Jakarta dalam bidang Tri Darma Perguruan Tinggi dan Peningkatan Kompetensi Siswa Sekolah Menengah Kejuruan dan Tamatan Lulusan Menengah Kejuruan melalui Program Link & Match, Senin (26/2/2024), di Kantor Dinas Pendidikan DKI Jakarta.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Universitas Siber Asia (UNSIA) menandatangani kerja sama dengan Provinsi DKI Jakarta dalam bidang Tri Darma Perguruan Tinggi dan Peningkatan Kompetensi Siswa Sekolah Menengah Kejuruan dan Tamatan Lulusan Menengah Kejuruan melalui Program Link & Match, Senin (26/2/2024), di Kantor Dinas Pendidikan DKI Jakarta. Kerja sama ditandatangani oleh Rektor UNSIA, Prof Jang Youn Cho, CPA, dan Plt Kepala Dinas Pendidikan DKI Jakarta, Purwosusilo dan dihadiri oleh jajaran pimpinan di Dinas Pendidikan DKI Jakarta, Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah III dan UNSIA.

Ruang lingkup kerja sama yang ditandatangani antara kedua instansi meliputi penyelerasan kurikulum, penyediaan tempat praktek kerja lapangan (PKL) untuk peserta didik SMK di lingkungan DKI Jakarta, peningkatan kompetensi guru serta penyediaan instruktur atau guru tamu bagi institusi pendidikan. Selain itu, kerja sama juga dilakukan dalam bidang perekrutan mahasiswa baru untuk tamatan SMK yang telah menyelesaikan pendidikan di sekolah dan bagi para pegawai sekolah yang belum menempuh jenjang Strata satu (S1).

Baca Juga

Plt Kepala Dinas Pendidikan DKI Jakarta, Purwosusilo, menyambut baik kerja sama yang dilakukan antarkedua belah pihak. Kerja sama ini, lanjutnya, selaras dengan komitmen Pemerintah provinsi (Pemprov) DKI Jakarta untuk mendukung visi menuju Jakarta kota global, yang salah satunya adalah membuka peluang kerja sama dengan berbagai stakeholder untuk membantu meningkatkan peran ekosistem pendidikan.

"Kita perlu menciptakan sumber daya manusia yang kompeten, dan meningkatkan keterserapan tamatan baik SMA maupun SMK, agar mereka dapat menjadi pekerja yang handal dan berwirausaha. Karena itu, saya berharap adanya akselerasi antara sekolah dengan perguruan tinggi,’’ tegasnya dalam siaran pers.

Purwosusilo menambahkan, penandatanganan kerja sama ini merupakan kegiatan seremoni saja, karena sejatinya kerjasama antara Dinas Pendidikan dan UNSIA telah dilakukan sejak lama. Antara lain melalui seminar, workshop dan webinar baik untuk peningkatan kompetensi para pegawai sekolah, guru maupun rekrutmen siswa di lingkungan Dinas pendidikan DKI Jakarta.

"Tamatan SMK di DKI Jakarta diharapkan tidak menjadi beban namun jadi aset yang memiliki berbagai macam potensi dan peluang. Kerja sama dengan UNSIA merupakan sebuah upaya untuk memfokuskan diri untuk pengayaaan kurikulum, memfasilitas pertukaran dan pengalaman di kalangan lingkungan akademik,’’ ujar Purwosusilo.

photo
Universitas Siber Asia (UNSIA) menandatangani kerja sama dengan Provinsi DKI Jakarta dalam bidang Tri Darma Perguruan Tinggi dan Peningkatan Kompetensi Siswa Sekolah Menengah Kejuruan dan Tamatan Lulusan Menengah Kejuruan melalui Program Link & Match, Senin (26/2/2024), di Kantor Dinas Pendidikan DKI Jakarta. - (UNSIA)

 

Langkah yang dilakukan oleh UNSIA ini turut didukung oleh Kepala Lembaga Layananan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah III, Prof. Toni Toharudin, S.Si., M.Sc. D. Dalam arahannya yang disampaikan oleh Humas LLDIKTI Wilayah III, Sigit Nugroho, S.IKom., M.IKom, Prof Toni berharap bahwa kerjasama ini dapat dilakukan secara berkelanjutan dan memberikan komitmen nyata.

"Sebagai universitas yang berada di bawah naungan LLDIKTI Wilayah III, kami turut menjamin bahwa UNSIA taat asas dan menjalankan tugas dan fungsinya dengan baik. UNSIA dapat menjadi mitra LLDIKTI Wilayah III dan Pemprov DKI Jakarta sebagai upaya transformasi untuk mencapai Indonesia emas. Karena, inovasi tidak akan lahir tanpa kolaborasi. Dan pendidikan ini didukung dari semua lini untuk mencapai Indonesia emas, dan cerdas di masa mendatang,’’ paparnya.

Senada dengan LLDIKTI Wilayah III, Rektor UNSIA, Prof. Jang Youn Cho., Ph.D mengungkapkan komitmen UNSIA untuk mendukung pendidikan di Indonesia. UNSIA, lanjutnya, merupakan solusi untuk meningkatkan Angka Partisipasi Kasar (APK) Perguruan Tinggi di Indonesia yang saat ini berdasarkan data Badan Pusat Statistik, berada di angka 31,16 persen, dibawah rata-rata Global yang mencapai 40 persen. 

"Saya melihat bahwa potensi pada generasi Indonesia ini luar biasa, sangat cerdas namun banyak yang tidak melanjutkan ke pendidikan tinggi karena salah satunya adalah faktor ekonomi dan akses pendidikan tinggi. Karena itu, kami ingin bekerjasama untuk kemajuan bangsa, dengan menyediakan pendidikan yang berkualitas tapi dengan harga yang sangat terjangkau,’’ ungkapnya.

Salah satu program yang diusung UNSIA, lanjutnya, adalah kuliah dan bekerja di Korea, yang dirasa sesuai untuk program Link & Match siswa SMK di DKI Jakarta. Dimana, siswa SMK dapat mempelajari bahasa korea ketika di sekolah, lulus EPS Topik dan bekerja di Korea sambil kuliah di UNSIA. Karena UNSIA, memberikan pengajaran secara online, yang dapat diakses kapan saja dan dimana saja mahasiswa berada. Saat ini, jumlah mahasiswa UNSIA yang berdomisili di luar negeri terus bertambah. Mahasiswa tersebut berasal dari Korea, Malaysia, Jepang, Taiwan, Filipina, Belanda, Abu Dhabi hingga Qatar.

"Kami terus melakukan akselerasi mengingat banyak warga negara Indonesia yang saat ini sedang bekerja di luar negeri butuh pendidikan,’’ imbuh Cho.

Dalam konteks kerja sama dengan Dinas Pendidikan DKI Jakarta, UNSIA juga menjembatani sekolah dengan pihak industri melalui penyelarasan kurikulum serta menjadi tempat untuk praktek kerja lapangan siswa SMK. Kerja sama ini juga memungkinkan kolaborasi antara kedua instansi untuk meningkatkan kompetensi guru serta penyediaan instruktur atau guru tamu bagi sekolah. Saat ini UNSIA memiliki lima program studi Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ), yaitu Program Studi PJJ Manajemen, Akuntansi, Sistem Informasi, Informatika dan Komunikasi.

Diresmikan sejak tahun 2020 oleh Wakil Presiden RI, Prof. Ma’ruf Amin dan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Riset dan Teknologi, Nadiem Makarim, saat ini UNSIA merupakan PTS PJJ pertama yang telah 3 terakreditasi BAN PT dan Akreditasi Internasional dari EAHEA. Dengan jumlah sekitar 3.000 mahasiswa aktif dari berbagai daerah di Indonesia dan juga warga negara Indonesia yang berdomisili di luar negeri, UNSIA memberikan pengalaman kuliah online melalui Learning Management System (LMS) dan pengajaran yang berkualitas.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement