Rabu 25 Oct 2023 07:06 WIB

Analisis Pengamat Mengapa Presiden Dikabarkan Lebih Pilih Letjen Agus Gantikan Dudung

Agus dinilai telah mengenal dan bekerja sama dengan Jokowi lebih lama

Rep: Flori Sidebang/ Red: Teguh Firmansyah
Letjen Maruli Simanjuntak dan Letjen Agus Subiyanto menjadi calon KSAD dan Panglima TNI.
Foto: Republika.co.id
Letjen Maruli Simanjuntak dan Letjen Agus Subiyanto menjadi calon KSAD dan Panglima TNI.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal Dudung Abdurachman dikabarkan bakal diganti oleh Wakil Kasad Letjen TNI Agus Subiyanto. Pelantikan Letjen Agus akan dilakukan, Rabu pagi ini. 

Menurut pengamat militer Anton Aliabbas, munculnya nama Agus sebagai kandidat kuat pengganti Dudung bukanlah hal yang mengejutkan.

Baca Juga

"Penunjukan Agus sebenarnya tidaklah mengejutkan. Agus adalah satu dari tiga nama jenderal yang pernah bertugas di lingkaran istana," kata Anton kepada wartawan, Selasa (24/10/2023).

Anton mengatakan, selain Agus, sebenarnya ada dua perwira tinggi TNI AD lainnya yang juga memiliki kedekatan dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi). Mereka adalah Pangkostrad Letjen TNI Maruli Simanjuntak dan Kepala BNPB Letjen TNI Suharyanto.

 

Meski demikian, Anton menjelaskan, dari ketiga nama tersebut, Agus telah mengenal dan bekerja sama dengan Jokowi lebih lama dibandingkan Maruli dan Suharyanto. Agus tercatat pernah menjabat posisi Dandim 0735/Surakarta saat Jokowi masih menjadi Wali Kota Solo. 

Anton menilai, pengalaman Agus bekerja sama dan berinteraksi dalam Forkompimda Solo, tentu saja sedikit banyak telah memberikan impresi positif kepada Jokowi. "Hal ini dapat dilihat dari pengalaman bertugas Agus yang dekat dengan keberadaan Jokowi," ujar dia.

 

 

 

 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement