Rabu 25 Oct 2023 07:39 WIB

Mengenal Eks Dandim Solo yang Jadi KSAD, dan Berikutnya Panglima TNI

Jokowi akan melantik Letjen Agus Subiyanto menjadi KSAD menggantikan Jenderal Dudung.

Wakil KSAD Letjen Agus Subiyanto bakal dilantik Presiden Jokowi menjadi KSAD menggantikan Jenderal Dudung Abdurachman.
Foto: Dok Dispenad
Wakil KSAD Letjen Agus Subiyanto bakal dilantik Presiden Jokowi menjadi KSAD menggantikan Jenderal Dudung Abdurachman.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Letjen Agus Subiyanto bakal dilantik Presiden Joko Widodo (Jokowi) sebagai Kepala Staf Angkatan darat (KSAD) di Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, Rabu (25/10/2023). Agus bakal menggantikan Jenderal Dudung Abdurachman yang memasuki masa pensiun pada akhir November 2023.

Agus bukan orang baru bagi Jokowi. Abiturien Akademi Militer (Akmil) 1991 tersebut merupakan Komandan Kodim (Dandim) 0735/Surakarta pada 2009-2011. Jokowi dan Agus merupakan bagian Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Solo kala itu. Termasuk bersama Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo yang kala itu menjabat Kapolresta Surakarta pada 2011.

Baca Juga

Adapun Danlanud Adi Soemarmo pada 2010-2011, yaitu Marsekal (Purn) Hadi Tjahjanto sudah lebih dulu menjadi Panglima TNI periode 2017-2021. Hadi kini menjabat sebagai Menteri Agraria dan Tata Ruang Indonesia.

Kembali ke Agus, kedekatan dengan Jokowi kembali terjalin ketika mengemban posisi sebagai Danrem 061/Suryakancana pada 2020. Bermarkas di Kota Bogor, Agus bertugas memastikan keamanan teritorial Bogor dan sekitarnya, khususnya Istana Bogor yang menjadi tempat tinggal Jokowi.

 

Setelah itu, ia dipromosikan sebagai Komandan Paspampres pada 2020-2021, sempat menjabat Pangdam III/Siliwangi, dan kini menjadi Wakil KSAD. Setelah dilantik menjadi KSAD, Agus diprediksi hanya mengemban jabatan tersebut dalam hitungan hari.

Hal itu lantaran Laksamana Yudo Margono akan pensiun pada November 2023. Alhasil, Agus diprediksi menjadi Panglima TNI ke-23 pada bulan depan. Dengan begitu, Jokowi bisa memastikan keamanan Pemilu 2024, berjalan lancar karena dijamin eks Dandim Solo dan Kapolresta Surakarta yang bakal menjabat Panglima TNI dan Kapolri.

Yuk gabung diskusi sepak bola di sini ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement