Selasa 24 Oct 2023 13:31 WIB

Muncul Kabar, Presiden Jokowi Ganti Jenderal Dudung

Letjen Agus Subiyanto dan Letjen Maruli Simanjuntak menjadi kandidat kuat KSAD.

Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal Dudung Abdurachman.
Foto: ANTARA/Reno Esnir
Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal Dudung Abdurachman.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Presiden Joko Widodo (Jokowi) dikabarkan mengganti posisi Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal Dudung Abdurachman dengan Letjen Agus Subiyanto. Adapun Agus saat ini menjabat Wakil KSAD.

Hal itu berdasarkan nota dinas Asisten Personel (Aspers) KSAD Nomor B/ND-1225/X/2023/Spersad. Kepala Dinas Penerangan Angkatan Darat (Kadispenad) Brigjen Hamim Tohari tidak membantah kabar tersebut. Hanya saja, ia tidak memastikan siapa pengganti Jenderal Dudung.

Baca Juga

"Kita tunggu dari Istana saja ya, itu wewenangnya Presiden," kata Hamim kepada Republika.co.id di Jakarta, Selasa (24/10/2023). Saat ini, sebenarnya ada dua kandidat pengganti Jenderal Dudung yang akan pensiun pada akhir November 2023.

Selain Letjen Agus, Pangkostrad Letjen Maruli Simanjuntak disebut sebagai kandidat kuat AD 1. Adapun sumber di Istana, proses serah terima jabatan (sertijab) KSAD dijadwalkan berlangsung pada Rabu (25/10/2023) atau Kamis (26/10/2023).

 

Letjen Agus dikenal memiliki kedekatan dengan Presiden Jokowi. Dia menjabat Dandim 0735/Surakarta kala Jokowi masih menjabat wali kota Solo. Agus juga pernah menjadi Komandan Pasukan Pengamanan Presiden (Danpaspampres).

Adapun Maruli merupakan menantu Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan. Selain pernah menjadi Danpaspampres, Maruli juga pernah mengemban jabatan Danrem 074/Warastrama yang bermarkas di Solo.

photo
Letjen Maruli Simanjuntak dan Letjen Agus Subiyanto menjadi calon KSAD dan Panglima TNI. - (Republika.co.id)
 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement