Rabu 05 Jul 2023 20:20 WIB

Ini Halte yang Dilewati Transjakarta Rute Kalideres-Bandara Soekarno Hatta

Masyarakat dapat menikmati uji coba Transjakarta ke bandara gratis selama dua pekan.

Rep: Fergi Nadira/ Red: Friska Yolandha
Bus baru Transjakarta melayani rute Kalideres-Bandara Soetta dan sebaliknya. Rute ini melewati 20 halte yang memakan waktu kurang lebih 60 menit, Rabu (5/7/2023).
Foto: Republika/Fergi Nadira
Bus baru Transjakarta melayani rute Kalideres-Bandara Soetta dan sebaliknya. Rute ini melewati 20 halte yang memakan waktu kurang lebih 60 menit, Rabu (5/7/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) resmi memulai uji coba rute baru Kalideres-Bandara Soekarno-Hatta (Soetta) dan sebaliknya pada Rabu (5/7/2023). Terdapat kurang lebih 20 halte yang dilewati busway yang memiliki 10 armada pada rute ini.

Salah satu petugas layanan operasi (PLO) busway rute SH1 di Terminal Kalideres mengatakan bahwa bus beroperasi setiap hari mulai pukul 06.00 WIB - 09.00 WIB dan 18.00 WIB - 21.00 WIB, dengan rentang keberangkatan antarbus selama 20 menit. Dia mengungkapkan masyarakat bisa menikmati layanan baru itu secara gratis selama masa uji coba kurang lebih dua pekan.

Baca Juga

"Jadi ini masih gratis selama masa uji coba, tarifnya langsung Rp 0. Tapi tetap harus tetap tap in dan tap out ya," kata petugas tersebut kepada Republika.co.id pada Rabu (5/7/2023).

Pantauan Republika.co.id, busway melaju dengan kecepatan minim karena medan dan area jalan yang lumayan sempit. Tanpa tersendat, perjalanan rute baru ini memakan waktu kurang lebih 60 menit.

Sopir Transjakarta, Johan Welly, mengaku pertama kalinya mengendarai armada berwarna orange dengan rute Kalideres-Soetta dan sebaliknya. Menurut dia, rute tersebut cukup menantang bagi para sopir karena jalan yang dilalui merupakan jalan umum.

"Nggak ada khusus busway seperti biasanya, jadi pengalaman pertama ini benar-benar harus fokus, Anda lihat sendiri tadi jalannya sempit dan banyak belok dengan membawa bus sebesar ini. Harus tetap fokus," kata Johan kepada Republika.co.id setelah menyelesaikan rute Kalideres-Soetta.

Tiga titik pemberhentian terakhir pada rute Kalideres-Soetta di antaranya Terminal Kargo 1 dan 2 serta Stasiun KA Bandara Soekarno-Hatta. 

(Berikut halte yang dilewati Transjakarta rute Kalideres-Bandara Soetta....)

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement