Sabtu 24 Jun 2023 10:01 WIB

Mengenang Desmond Mahesa Saat Bertanya Kasus KM 50 ke Mahfud MD

Mahfud menilai Desmond J Mahesa sebagai sosok yang berani lontarkan kritik.

Wakil Ketua Komisi III DPR RI Desmond J Mahesa.
Foto: DPR
Wakil Ketua Komisi III DPR RI Desmond J Mahesa.

REPUBLIKA.CO.ID, Politikus Partai Gerindra yang juga Wakil Ketua Komisi III DPR Desmond J Mahesa meninggal dunia, Sabtu (24/6/2023). Desmond dilaporkan meninggal di RS Mayapada. 

Sosok Desmond dengan ciri khas kepala plontos cukup dikenal di kalangan DPR. Ia terbilang cukup aktif dalam melontarkan kritik terhadap pemerintah. 

Baca Juga

Saat persoalan Ferdi Sambo sedang ramai-ramainnya, ia turut melontarkan beragam kritik tajam ke polisi. Dalam Rapat Komisi III DPR bersama Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas), Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM), serta Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban (LPSK), Senin (22/8/2022, ia bahkan sempat berdebat dengan Mahfud MD. Ketika itu Mahfud berkedudukan sebagai ketua Kompolnas. 

Desmond bertanya-tanya perlu tidak sebenarnya Kompolnas jika berkaca atas kasus pembunuhan yang menjerat Irjen Ferdy Sambo. Desmond juga sempat menyinggung kasus KM50 dan bagaimana peran Kompolnas. 

"Contoh kasus KM 50 bagaimana pak? Bapak pernah (Kompolnas) kirim catatan ke kepolisian?," tanyannya. 

"Saya pernah kirim surat langsung," jawab Mahfud.

Demond melanjutkan,  "Jawabannya apa pak?"

Mahfud meyebut itu urusan Kapolri."Saya pernah, saya sebagai ketua Kompolnas ini hasil penyelidikan tindaklanjuti, resmi pak, tertulis pak."

"Ada tindak lanjut tidak?" cecar Desmond lagi

"Kalau soal implementasi di Polri, jangan salahkan saya," jawab Mahfud

Menko Polkhukam Mahfud MD pada Sabtu (24/6/2023) ikut mengucapkan belasungkawa atas berpulangnya Desmond. Menurut Mahfud, Desmond merupakan sosok yang tegas dan berani. 

"Inna lillah wa inna ilaihi raji'un. Semoga Mas Desmond mendapat maghfirah dan surga-Nya. Almarhum adl anggota DPR yg tegas, berani mengritik siapa saja: penguasa, pengusaha, maupun sesama parpol. Selamat jalan, Mas Desmon. Perjalananmu bs menjadi ibrah," ujar Mahfud lewat kicauan di Twitter, Sabtu. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement