Rabu 07 Jun 2023 15:28 WIB

BSI DiginoFest 2023 Turut Berupaya Bangun Jiwa Entepreneurship

Dihadirkan narasumber-narasumber yang dapat membangun jiwa entepreneurship.

Rep: Ronggo Astungkoro/ Red: Budi Raharjo
Universitas Bina Sarana Informatika (BSI) turut berupaya meningkatkan jiwa entepreneurship bagi para peserta BSI DiginoFest 2023.
Foto: Ronggo Astungkoro/Republika
Universitas Bina Sarana Informatika (BSI) turut berupaya meningkatkan jiwa entepreneurship bagi para peserta BSI DiginoFest 2023.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Universitas Bina Sarana Informatika (BSI) turut berupaya meningkatkan jiwa entepreneurship bagi para peserta BSI DiginoFest 2023. Diharapkan, dengan mengikuti kegiatan yang bertajuk 'Cuan & Peluang di Era Digital Kreatif' itu para peserta tak hanya berpikir untuk menjadi pencari kerja, tetapi juga pembuat lapangan pekerjaan.

"Kita hadirkan sosok-sosok yang memang membangun jiwa-jiwa job seeker ini tidak cuma mikir, kerja, kerja, kerja, tok. Padahal mungkin setiap tahun mereka ikut job fair tapi tidak diterima-terima. Makanya kita bukakan wawasan," ujar Ketua Kegiatan BSI DiginoFest 2023, Fuad Nur Hasan, kepada Republika di Jakarta, Rabu (7/6/2023).

Fuad menjelaskan, pada dasarnya kegiatan BSI DiginoFest 2023 ini mirip dengan kegiatan serupa yang sudah dilakukan sebelumnya. Menurut dia, yang membedakan kegiatan tahun ini dengan sebelumnya adalah kini dihadirkan narasumber-narasumber yang dapat membangun jiwa entepreneurship.

"Kita hadirkan start up, ada Bossman Mardigu itu untuk memberi tahu ke peserta job fair ini biar mereka ada interest yang lain dari ilmu yang didapat di talkshow. Kita juga hadirkan mahasiswa, mereka dapat pengalaman bahwa dunia usaha dan dunia industri itu seimbang, tidak harus kerja juga," jelas dia.

Dengan membangun jiwa entepreneurship kepada para peserta DiginoFest 2023, diharapkan mereka dapat menjadi pencipta lapangan pekerjaan, bukan hanya menjadi pencari kerja. Fuad berharap para peserta jangan sampai hanya mengandalkan upaya mencari kerja.

"Jadi, bangun jiwa entepreneurship agar mereka bisa buka usaha sendiri. Jadi job creator, bukan hanya job seeker. Jangan sampai cuma mengandalkan jadi job seeker saja, tapi ternyata mereka malah justru membuang waktu mereka untuk berkreatif dan berkreasi dengan kemampuannya sendiri," tutur dia.

Sebagai Kampus Digital Kreatif, BSI menyelenggarakan kembali BSI DiginoFest 2023, yang memiliki banyak rangkaian acara di dalamnya, terutama yang memanjakan job seeker (pencari kerja). BSI DiginoFest 2023 ini dilangsungkan selama dua hari berturut-turut di Smesco Convention Hall, Jakarta pada 6-7 Juni 2023.

BSI DiginoFest 2023 yang bertajuk ‘Cuan & Peluang di Era Digital Kreatif’ ini memiliki beberapa rangkaian acara, seperti Career & Internship Expo, Startup & Innovation Talk, School Competition & Scholarship Expo, Career & Business Talk, dan Entertainment.

Event BSI DiginoFest merupakan hasil kolaborasi dari UBSI Center, yang diinisiasi oleh BSI Career Center (BCC). Lembaga-lembaga tersebut ada di bawah naungan Universitas BSI sebagai Kampus Digital Kreatif.

photo
Universitas Bina Sarana Informatika (BSI) turut berupaya meningkatkan jiwa entepreneurship bagi para peserta BSI DiginoFest 2023. - (Ronggo Astungkoro/Republika)
 

Rektor Universitas BSI, Mochamad Wahyudi, mengatakan BSI DiginoFest kali ini merupakan gelaran tahun ke dua. Sebelumnya ajang serupa telah terlaksana pada 2022 di BSI Convention Center.

Universitas BSI sudah melakukan banyak kerja sama dengan Perguruan Tinggi, Perusahaan swasta dan BUMN serta di tahun 2019 Universitas BSI sudah melakukan kerja sama dengan BUMN sebanyak 60 perusahaan untuk mengirimkan mahasiswa magang maupun untuk kampus Recruitment di kampus BSI. 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement