Rabu 31 May 2023 11:05 WIB

Polisi Gandeng Pihak Bank Telusuri Aliran Dana Study Tour SMAN 21 Bandung

Polisi menggandeng pihak bank untuk menelusuri dana study tour SMAN 21 Bandung.

Rep: M Fauzi Ridwan/ Red: Bilal Ramadhan
Polsek Buahbatu dan Polrestabes Bandung mengamankan tour leader berinisal ICL yang diduga membawa kabur uang sebesar Rp 368 juta dana study tour siswa SMAN 21 Bandung. Polisi menggandeng pihak bank untuk menelusuri dana study tour SMAN 21 Bandung.
Foto: Dok Republika
Polsek Buahbatu dan Polrestabes Bandung mengamankan tour leader berinisal ICL yang diduga membawa kabur uang sebesar Rp 368 juta dana study tour siswa SMAN 21 Bandung. Polisi menggandeng pihak bank untuk menelusuri dana study tour SMAN 21 Bandung.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Polsek Buahbatu tengah berkoordinasi dengan salah satu bank untuk menelusuri aliran dana Study Tour SMAN 21 Bandung sebesar Rp 368.750.000, yang dibawa tour leader berinisial ICL. Penelusuran dilakukan untuk memastikan aliran dana tersebut dipakai untuk apa saja.

"Kita masih menunggu jawaban dari pihak bank terkait mutasi rekening tersangka agar sinkron," ucap Kapolsek Buahbatu Kompol Rizal Jatnika saat dikonfirmasi, Rabu (31/5/2023).

Baca Juga

Ia mengungkapkan penyidik baru akan mendapatkan data mutasi rekening dari pihak bank pada satu pekan ke depan. "Info dari penyidiknya kurang lebih baru sepekan kami dikabari dari pihak banknya," jelas dia.

Sebelumnya, dana study tour siswa SMAN 21 Bandung sebesar Rp 368.750.000, yang dibawa kabur tour leader berinisial ICL digunakan untuk membayar utang. Akibat dana yang dibawa kabur, ratusan siswa gagal berangkat ke Yogyakarta untuk study tour pada tanggal 24 hingga 26 Mei kemarin.

 

"Pelaku kabarnya bayar utang, gak dijelasin (utang apa), kata polisinya kabarnya bayar utang," ucap Kepala Sekolah SMAN 21 Bandung Dani Wardani saat dihubungi, Selasa (30/5/2023).

Intinya, ia menuturkan pelaku memakai dana tersebut untuk keperluan pribadi yang tidak diketahui oleh suaminya. Bahkan, suaminya menyebut tidak didapati barang-barang baru di rumahnya.

"Ketika ditanya ke polsek itu dipakai katanya untuk keperluan pribadi. Berdasarkan keterangan suaminya tidak ada barang baru," kata dia.

Dani berharap dana study tour yang dibawa kabur tour leaders dapat kembali. Sekolah sendiri akan tetap menggelar study tour menggunakan dana yang berasal dari alumni.

"Sangat berharap kembali (dananya)," jelas dia.

Sebelumnya, jajaran Polsek Buahbatu dan Polrestabes Bandung mengamankan seorang tour leader berinisial ICL (33 tahun) yang diduga membawa kabur dana siswa SMAN 21 Bandung sebesar Rp 368 juta (sebelumnya disebutkan Rp 400 juta) untuk kegiatan study tour pada Rabu (24/5/2023) malam. Akibat peristiwa itu, ratusan siswa SMAN 21 Bandung gagal berangkat study tour atau karya wisata ke Yogyakarta.

Kapolrestabes Bandung Kombes Pol Budi Sartono mengatakan penyidik berhasil mengamankan ICL di kediaman orang tuanya di Cilengkrang, Kabupaten Bandung, Rabu (24/5/2023). Pelaku diduga membawa kabur uang study tour siswa SMAN 21 Bandung.

"Tadi kami baru mendapatkan laporan dari Kapolsek Buahbatu, Rabu kemarin pukul 23.00 WIB malam telah diamankan tersangka berinisial ICL, dugaan tersangka kasus penipuan uang travel yang direncanakan untuk kegiatan travel anak SMAN 21 ke Yogyakarta," ucap dia, Kamis (25/5/2023).

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement