Kamis 25 May 2023 17:53 WIB

Kasus Study Tour SMAN 21 Bandung, Ridwan Kamil: Jangan Pakai Pihak Ketiga!

Gubernur Ridwan Kamil imbau pelaksanaan study tour sekolah tidak pakai pihak ketiga.

Rep: Arie Lukihardianti/ Red: Bilal Ramadhan
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil. Gubernur Ridwan Kamil imbau pelaksanaan study tour sekolah tidak pakai pihak ketiga.
Foto: Antara
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil. Gubernur Ridwan Kamil imbau pelaksanaan study tour sekolah tidak pakai pihak ketiga.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Pelaksanaan study tour siswa SMAN 21 Bandung ke Yogyakarta batal karena bermasalah dengan tour and travel. Menanggapi hal ini, Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil mengatakan, studi tour perlu karena tak semua ilmu didapat di kelas. Tapi biasanya berdinamika kalau tidak profesional.

"Perlu-perlu saja karena tidak semua ilmu itu didapat di kelas tapi biasanya berdinamika kalau tidak profesional. Satu kalau penyelenggaranya tidak jelas, kedua niatnya mencari profit," ujar Ridwan Kamil yang akrab disapa Emil kepada wartawan di Gedung Pakuan, Kamis (25/5/2023).

Baca Juga

Emil pun bahkan mengimbau pelaksanaan study tour diatur oleh siswa sendiri. "Study tour itu diatur saja oleh siswanya sendiri, jangan pakai pihak ketiga. Kan ada yang heboh-heboh sampai ke Mekah, Darul Arkom," paparnya.

Jadi kuncinya, kata dia, selama tidak memberatkan boleh. Tapi harus kasihan juga dengan siswa yang tidak mampu. "Misalkan, yang lain study tour, siswa tidak mampu nggak (ikut). Kan kalau nggak (ikut), dia (siswa tidak mampu) jadi minder," katanya.

Jadi, kata Emil, kalau disebut apakah perlu (studi tur) itu perlu karena ia pernah sekolah dan itu menyenangkan. "Tapi jangan memberatkan, mencari cara mengurangi pihak ketiga, melatih anak-anaknya mengorganisasikan acara sendiri sehingga harga lebih murah," ucapnya.

Dapat mengunjungi Baitullah merupakan sebuah kebahagiaan bagi setiap Umat Muslim. Dalam satu tahun terakhir, berapa kali Sobat Republika melaksanakan Umroh?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement