Selasa 13 Sep 2022 17:47 WIB

Putri Sambo Transfer Uang Ratusan Juta ke Rekening Tersangka RR

Kuasa hukum sebut uang ratusan juta dari Putri Sambo ke RR tak terkait Brigadir J.

Rep: Bambang Noroyono/ Red: Nashih Nashrullah
Tersangka istri mantan Kadiv Propam Polri Irjen Ferdy Sambo, Putri Chandrawathi. Kuasa hukum sebut uang ratusan juta dari Putri Sambo ke RR tak terkait Brigadir J
Foto: Republika/Thoudy Badai
Tersangka istri mantan Kadiv Propam Polri Irjen Ferdy Sambo, Putri Chandrawathi. Kuasa hukum sebut uang ratusan juta dari Putri Sambo ke RR tak terkait Brigadir J

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Tersangka Ricky Rizal (RR) mengakui menyimpan sebagian uang Keluarga Sambo. Pengacara Erman Umar mengungkapkan, dalam rekening RR, ada fluktuasi perbankan ratusan juta rupiah, yang ditransfer Putri Candrawathi Sambo (PC).

Namun, uang tersebut, dikatakan tim pengacara, bukan terkait kasus pembunuhan Brigadir Nofriansyah Yoshua Hutabarat (J).

Baca Juga

Erman menerangkan, uang tersebut selalu ditransfer PC sejak 2021. Uang tersebut, kata Erman ditransfer PC ke rekening RR untuk kebutuhan rumah di Magelang termasuk kebutuhan dua anak Sambo yang dididik di Sekolah Taruna Nusantara di Magelang, Jawa Tengah (Jateng). 

“Itu (uang) sejak 2021. Ratusan juta. Ada yang 300 (juta). Bisa ada yang sampai setengah M (miliar-Rp 500-an juta),” terang Erman di Bareskrim Polri, Jakarta, Selasa (13/9/2022).

Zena Dina Defega, asisten pengacara Erman, juga menerangkan, RR sebetulnya menjadi ajudan Sambo khusus untuk mengurusi dua anaknya di Magelang. Sejak 2021, kata dia, RR ditarik dari Polantas Brebes dan menjadi ajudan untuk mengurusi rumah dan segala kebutuhan di Magelang. 

“Jadi RR ini, sebetulnya dinasnya di Magelang. Bukan di Jakata,” kata Zena menerangkan, Selasa. 

Sejak ‘mengabdi’ ke Sambo, RR, kata Zena, diminta PC untuk membuka rekening. Dari rekening tersebut, PC akan mengirim uang dalam jumlah ratusan juta untuk kebutuhan dua anaknya yang bersekolah di Magelang. 

Uang tersebut, kata Zena juga untuk kebutuhan rumah Sambo, yang ada di Magelang. Namun begitu, rekening yang dibuka RR tersebut, atas kendali total dari PC.

Sebab kata Zena, buku tabungan, mobile banking, ada dalam kendali PC. RR, kata dia, hanya memegang kartu anjungan tunai mandiri (ATM). 

“Jadi uang yang disebut-sebut itu, tidak ada kaitannya dengan kasus ini (pembunuhan). Masalah uang itu, untuk kedinasan dia (RR) selama di Magelang. Untuk kepentingan anak-anak (Sambo) dan rumah yang diurusnya,” terang Zena. 

Baca jug: Tahajud Sang Istri Selamatkan Mualaf Izhac dari Dunia Kriminal hingga Bersyahadat

Zena menegaskan bukan cuma RR, pengakuan kliennya juga mengungkapkan Brigadir J, yang juga turut menyimpan uang untuk kebutuhan yang sama.

“Kalau RR ini kan untuk kebutuhan di Magelang. Brigadir J itu untuk rumah di Jakarta. Di Saguling atau di Duren Tiga,” terang Erman menambahkan. Karena itu, Erman mengatakan, uang pemberian Sambo, maupun PC yang terungkap selama ini, tak ada kaitannya dengan kasus pembunuhan terhadap Brigadir J. Meskipun, kata Erman, ada uang yang diberikan Sambo kepada RR setelah pembunuhan Brigadir J.  

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement