Kamis 24 Mar 2016 18:14 WIB

Kiprah Kota Makassar dalam Kerja Sama Internasional Diapresiasi

Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto.
Foto: Antara
Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pengamat Hubungan Internasional, Fadlan Muzakki dari Akar Rumput Strategic Counsulting (ARSC), memuji Wali Kota Makassar Mohammad Ramdhan Pomanto yang dinilai cakap dalam membangun kerja sama dengan pihak internasional. Setelah berhasil melaksanakan pertemuan wali kota se-ASEAN, pria yang akrab disapa Danny Pomanto juga diundang pemerintah Prancis dan juga pemerintah Amerika Serikat saat KTT AS-ASEAN di San Fransisco. 

Fadlan yang juga pengamat Universitas Nasional (UNAS) Jakarta ini menilai keahlian membangun kerja sama internasional menjadi nilai positif yang dibutuhkan seorang pemimpin untuk membangun kota-kota di Indonesia dalam konteks globalisasi.

"Di mata saya, sosok Wali Kota Makassar Danny Pomanto ini adalah ‘the next JK’, ia tidak hanya responsif dan inovatif dalam membuat terobosan membangun kota. Namun juga mahir membangun komunikasi dengan pihak internasional dengan titik tekan pada kepentingan nasional dan Kota Makassar secara khusus,” kata Fadlan di Jakarta, Kamis (24/3).

Sebelumnya, Menlu Australia Julie Bishop memuji inovasi Kota Makassar yang diinisiasi Danny Pomanto, mulai dari program bercocok tanam melalui hidroponik, pemilahan sampah melalui kantong sortir yang disalurkan oleh Pemkot Makassar, dan meninjau Puskesmas Pembantu di dalam lorong dengan pelayanan telemedicine. Pemkot Makassar juga serta menggagas program homecare di mana warga Makassar petugas kesehatan datang ke rumah jika warga membutuhkan pertolongan pertama.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement