Rabu 23 Mar 2016 00:45 WIB

Bu Ani Nyapres, Pengamat: Belum Ada Potensi Menang Pilpres

Rep: Umi Nur Fadilah/ Red: Bilal Ramadhan
 Istri Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono, Ani Yudhoyono melepas mudik bareng Partai Demokrat 2015 di JIExpo-PRJ, Kemayoran, Jakarta, Ahad (12/7).   (Republika/Yasin Habibi)
Istri Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono, Ani Yudhoyono melepas mudik bareng Partai Demokrat 2015 di JIExpo-PRJ, Kemayoran, Jakarta, Ahad (12/7). (Republika/Yasin Habibi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) telah mengklarifikasi pemberitaan yang menyebut Ani Yodhoyono merupakan kandidat calon presiden (capres) 2019 yang diusung partai berlambang mercy itu.

Kendati demikian, pakar politik dari Universitas Gajah Mada (UGM), Mada Sukmajati mengaku belum bisa melihat potensi jika Ani benar-benar mencalonkan diri sebagai capres 2019.

"Sejauh ini saya belum melihat potensinya. Kan kita juga belum bisa melihat perolehan suara Partai Demokrat di Pileg (pemilihan legislatif) 2019 seperti apa," kata Mada kepada Republika.co.id, Selasa (22/3).

Ia menjelaskan, hasil Pileg yang akan menentukan, apakah Partai Demokrat mampu mencalonkan sendiri atau harus berkoalisi dengan yang lain. Namun, Mada berujar, jika kabar pencalonan Ani Yudhoyono hanya sebagai penguji, maka hal tersebut tidak akan memnimbulkan masalah apapun.

"Ya sebagai upaya untuk mendapatkan jabatan dan kekuasaan," ujarnya.

Namun, menyoal serius atau tidaknya pencalonan Ani Yudhoyono, Mada melanjutkan, akan ditentukan oleh hasil Pileg 2019. Sebab, ia menjelaskan, proses pencalonan sangat terkait dengan jumlah suara atau jumlah kursi. "Kalau mengasumsikan Demokrat bisa mencalonkan diri, berat," imbuhnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement