Rabu 16 Oct 2024 21:55 WIB

Median: Tiga Paslon Bersaing Ketat di Pilbup Bandung Barat

Jarak ketiga paslon di Bandung Barah di bawah margin of error 3,39 persen.

Bupati Bandung Barat Hengki Kurniawan.
Foto: Edi Yusuf/Republika
Bupati Bandung Barat Hengki Kurniawan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Media Survei Nasional (Median) merilis survei yang memetakan persaingan di antara tiga paslon yang berkompetisi pada Pilbup Bandung Barat, berlangsung ketat. "Berdasarkan survei yang kami lakukan, tingkat elektabilitas tiga pasangan calon (paslon) teratas, masih cukup ketat," kata peneliti Median, Ade Irfan kepada wartawan di Jakarta, Rabu (16/10/2024).

Perbedaan elektabilitas antara paslon Hengki Kurniawan-Ade Sudrajat, Didik Agus Triwiyono-Gilang Dirga, dan Jeje Rithie Ismail-Asep Ismail, berada di angka tipis. Bahkan, menurut Ade, jarak ketiganya di bawah margin of error 3,39 persen. Dengan begitu, proses persaingan sulit diprediksi siapa yang bakal unggul.

"Elektabilitas Hengki Kurniawan-Ade Sudrajat Usman tercatat 24,6 persen, disusul Didik Agus Triwiyono-Gilang Dirga Dirgahari 22,5 persen, dan Jeje Rithie Ismail-Asep Ismail 20,4 persen. Dengan margin of error 3,39 persen, secara ril sulit menentukan siapa yang mutlak unggul," kata Ade

Menurut dia, masih sulitnya memprediksi siapa pemenang Pilbup Bandung Barat juga disebabkan masih dinamisnya pilihan warga terhadap masing-masing paslon. Sehingga masih memungkinkan pilihan warga berubah. "Persaingan Pilkada Bandung Barat masih sangat dinamis, karena hanya 45,7 persen yang sudah yakin dengan pilihannya sementara 38,7 persen pemilih masih mungkin berubah pilihan," kata Ade.

Survei yang digelar Median berlangsung pada 3-10 Oktober 2024, dengan melibatkan 800 responden warga Kabupaten Bandung Barat yang memiliki hak pilih. Sampel dipilih secara random dengan teknik multistage random sampling dengan tingkat kepercayaan sebesar 95 persen.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement