Selasa 24 Sep 2024 17:57 WIB

Gubernur: Kampanye Damai untuk Ciptakan Atmosfer Pilkada yang Kondusif

Menjaga kedamaian selama tahapan Pilkada adalah tanggung jawab bersama.

Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng) Sugianto Sabran menghadiri Deklarasi Kampanye Damai Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Kalteng Tahun 2024, bertempat di Bundaran Besar Palangka Raya, Selasa (24/9/2024).
Foto: Pemprov Kalteng
Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng) Sugianto Sabran menghadiri Deklarasi Kampanye Damai Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Kalteng Tahun 2024, bertempat di Bundaran Besar Palangka Raya, Selasa (24/9/2024).

REPUBLIKA.CO.ID, PALANGKA RAYA -- Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng) Sugianto Sabran menghadiri Deklarasi Kampanye Damai Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Kalteng Tahun 2024, bertempat di Bundaran Besar Palangka Raya, Selasa (24/9/2024).

Ketika memberikan sambutan, Gubernur Sugianto Sabran memberikan apresiasi dan menyambut baik penyelenggaraan Deklarasi Kampanye Damai, mengingat pelaksanaan pilkada bukanlah hal yang mudah. Menurutnya diperlukan kolaborasi antarstakeholder dan peran aktif seluruh masyarakat agar jalannya pilkada serentak dapat terselenggara dengan aman dan damai.

Baca Juga

Kampanye damai lanjut Sugianto, secara esensi merupakan proses pembelajaran dalam rangka pendewasaan bangsa, juga merupakan momentum ujian bagi seluruh elemen bangsa, mengenai seberapa jauh nilai-nilai demokrasi telah menjadi bagian dari jati diri bangsa Indonesia. "Seorang pemimpin harus memiliki empati, jujur, kompeten, visioner, dan berani mengambil keputusan," katanya.

Pada kesempatan tersebut, Gubernur mengajak seluruh stakeholder sesuai dengan batasan kewenangan dan bidang urusan masing-masing, untuk pertama, turut memastikan bahwa kampanye damai tidak semata-mata dimaknai sebagai slogan, melainkan sebagai ikhtiar untuk menciptakan atmosfer yang kondusif selama seluruh rangkaian tahapan Pilkada.

photo
Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng) Sugianto Sabran menghadiri Deklarasi Kampanye Damai Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Kalteng Tahun 2024, bertempat di Bundaran Besar Palangka Raya, Selasa (24/9/2024). - (Pemprov Kalteng)

Kedua lanjut Gubernur, bersedia untuk sepakat, menjaga kedamaian selama tahapan Pilkada adalah tanggung jawab bersama seluruh elemen bangsa, tanpa terkecuali.

Ketiga, kepada para Cagub dan Cawagub agar saling mempererat jalinan silaturahmi. "Jadikanlah Pilkada ini kontestasi ide serta gagasan dan saling beradu visi dan misi semata-mata untuk kesejahteraan masyarakat Kalteng. Bukan ajang saling serang dan hujat untuk menjatuhkan. Kemudian yang keempat, saya mengimbau kepada para Aparatur Sipil Negara (ASN) agar menjaga netralitas," pintanya.

Terakhir, Gubernur meminta agar para pemuka agama dan seluruh masyarakat untuk turut mendoakan, agar semua tahapan Pilkada sampai dengan selesai berjalan damai, jujur, dan adil, sehingga semua pihak nanti menerima hasil pemilu dengan lapang dada dan penuh keikhlasan.

Orang nomor satu di Bumi Tambun Bungai tersebut juga berpesan kepada kepala daerah terpilih nantinya agar berkomitmen untuk meneruskan pembangunan di Kalteng khususnya di bidang kesehatan dan pendidikan serta mampu membangun Kalteng yang makin maju daerahnya dan makin sejahtera masyarakatnya.

Ketua KPU Provinsi Kalteng Sastriadi menyatakan, Deklarasi Kampanye Damai bersama tim kampanye dan pasangan calon digelar sebelum dilaksanakan kampanye oleh tim pasangan calon. “Kami bermaksud untuk mengajak seluruh pihak terlebih tim kampanye pasangan colon untuk memastikan dan sama-sama meneguhkan komitmen bahwa tim kampanye akan melaksanakan kampanye secara  aman, damai, tertib, berintegritas, tanpa politisasi SARA dan tanpa politik uang demi mewujudkan asas pemilu yakni asas langsung, umum, bebas, rahasia, jujur, dan adil," kata Sastriadi.

Diharapkan, tim kampanye dan pasangan calon diharapkan memberikan edukasi agar datang ke TPS dan menggunakan hak pilihnya dengan benar pada Rabu, tanggal 27 November 2024. Seperti diketahui Pilkada di Provinsi Kalimantan Tengah akan diikuti empat pasangan calon gubernur dan wakil gubernur. Keempat pasangan gubernur dan wakil gubernur itu adalah Willy M Yosef dan Habib Said Ismail yang mendapat nomor urut 1.

Kemudian nomor urut 2 yaitu Nadalsyah dan Supian Hadi, selanjutnya Agustiar Sabran dan Edy Pratowo mendapat nomor urut 3. Sedangkan  Abdul Razak dan Sri Suwanto berada di nomor urut 4. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement