Jumat 16 Aug 2024 08:05 WIB

'Pesan' Politik Sepekan Terakhir: Anies Gagal, Golkar-PKB Digoyang, Nasdem Masuk KIM

Banyak peristiwa politik penting yang menjadi sorotan publik dalam sepekan terakhir.

Rep: Tim Republika/ Red: Mas Alamil Huda
Presiden Joko Widodo (kanan) berjabat tangan dengan Menko Perekonomian Airlangga Hartarto (kedua kiri) pada Upacara Penganugerahan Tanda Kehormatan di Istana Negara, Jakarta, Rabu (14/8/2024).
Foto:

1. PKS cabut dukungan untuk Anies

PKS mengungkap dukungan bagi Anies dalam Pilgub Jakarta 2024 tak lagi berlaku. Presiden PKS Ahmad Syaikhu mengaku telah menjalin komunikasi dengan Prabowo Subianto. Syakhu menjelaskan, bahwa hubungannya dengan Prabowo sudah terjalin sejak lama.

"Tentu saja kita memahami bahwa hubungan PKS dengan Pak Prabowo Subianto sudah terjalin sejak Pemilu Presiden 2019 dan Pemilu Presiden sebelumnya tahun 2014," ujarnya.

Dengan pencabutan dukungan ini, hampir pasti Anies gagal maju dalam Pilgub Jakarta. Sebab sampai saat ini, tak ada satu pun partai politik yang secara tegas akan mengusungnya.

2. KPU resmi mengesahkan cagub Jakarta independen

KPU Provinsi Jakarta telah melakukan rekapitulasi hasil verifikasi faktual kedua syarat dukungan bakal pasangan calon independen Dharma Pongrekun-Kun Wardana, Kamis (15/8/2024). Hasilnya, pasangan itu dinyatakan memenuhi syarat untuk mendaftar sebagai bakal pasangan cagub-cawagub Jakarta.

3. PSI resmi dukung Ridwan Kamil di Pilgub Jakarta

Ketua Umum PSI Kaesang Pangarep resmi mendukung Ridwan Kamil sebagai cagub Jakarta, Kamis (15/8/2024). Ridwan Kamil hampir pasti akan maju sebagai cagub Jakarta karena Golkar dan Gerindra mengusungnya. Artinya, kemungkinan besar, Ridwan kamil dan cawagubnya akan melawan Dharma Pongrekun-Kun Wardana di Pilkada Jakarta 2024.

Golkar dan PKB digoyang.. baca di halaman selanjutnya.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement