Kamis 19 Sep 2024 00:26 WIB

RK-Suswono Menang Satu Putaran Jika Anies tak Dukung Pramono-Rano, Ini Hasil Survei LSI

Jika Anies mendukung Pramono-Rano, elektabilitas RK-Suswono akan turun signifikan.

Rep: Bambang Noroyono, Bayu Adji P/ Red: Andri Saubani
Mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.
Foto: Republika/Prayogi
Mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Pasangan bakal calon gubernur dan calon wakil gubernur (cagub - cawagub) Ridwan Kamil - Suswono (RIDO) diprediksi bakal memenangkan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Jakarta 2024 dengan satu putaran. Lembaga Survei Indonesia (LSI) dalam hasil sigi terbarunya, Rabu (18/9/2024) mengatakan, paslon usungan 15 partai politik (parpol) yang tergabung dalam Koalisi Indonesia Maju (KIM) Plus tersebut, bakal memenangi pilkada dengan perolehan suara 51,8 persen.

Akan tetapi, suara para pendukung dan pemilih mantan Gubernur Jakarta, Anies Rasyid Baswedan akan menggagalkan kemenangan satu putaran Emil - Suswono tersebut. Kondisi tersebut, menurut LSI dalam surveinya, jika Anies Baswedan menyatakan dukungan politiknya terhadap paslon cagub-cawagub dari PDI Perjuangan Pramono Anung - Rano Karno.

Baca Juga

LSI melakukan survei terhadap 1.200 responden terhadap warga Jakarta dengan kualifikasi sebagai pemilik suara di Pilkada Jakarta 2024.

Survei dengan judul ‘Pengaruh Anies di Pemilihan Gubernur Jakarta’ dilakukan pada 6 sampai 12 September 2024.

LSI mengeklaim toleransi kesalahan hasil surveinya atau margin of error pada angka 1,9 persen, dengan tingkat akurasi kepercayaan mencapai 95 persen. Dalam salah-satu pertanyaan kepada para responden tentang siapa yang akan dipilih di antara tiga pasangan cagub-cawagub yang ada pada saat ini dalam Pilkada Jakarta.

Survei menunjukkan paslon Ridwan Kamil - Suswono yang akan dipilih oleh 51,8 persen responden. Sementara paslon Pramono Anung - Rano Karno, hanya dipilih oleh 28,4 persen. Sedangkan paslon dari jalur independen Dharma Pongrekun - Kun Wardana hanya dipilih oleh 3,2 persen. Selebihnya 3,9 persen tak ikut memilih alias golput. Dan 12,8 persen masih bingung alias tak menjawab.

“Pada simulasi tiga pasangan calon, pasangan Ridwan Kamil - Suswono paling banyak dipilih (51,8 persen), kemudian pasangan Pramono Anung - Rano Karno (28,4 persen), serta pasangan Dharma Pongrekun - Kun Wardana (3,2 persen),” menurut survei LSI yang dipublikasikan pada Rabu (18/9/2024).

Dari hasil survei LSI tersebut, menunjukkan Pilkada Jakarta akan digelar hanya satu putaran. Karena dengan prediksi 51,8 persen kemenangan paslon KIM Plus tersebut, sudah tak membutuhkan putaran kedua.

Akan tetapi, hasil survei kemenangan Ridwan Kamil - Suswono satu putaran itu, bakal buyar jika Anies Baswedan menyatakan dukungannya kepada pasangan Pramono - Rano. Dari survei LSI tersebut, dilakukan simulasi dengan membagi secara acak-rata 1.200 responden ke dalam tiga kelompok yang masing-masing terdiri dari 400 responden.

 

photo
Jadwal Pilkada Serentak 2024 - (Infografis Republika)

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement