Kamis 11 Jul 2024 05:15 WIB

Southgate Bahagia Keputusan Ganti Kane dengan Watkins Berbuah Tiket Final Euro 2024

Inggris mengatasi Belanda 2-1 di semifinal Euro 2024 lewat gol penentu Ollie Watkins.

Ekspresi kebahagiaan pelatih Inggris Gareth Southgate setelah timnya mengalahkan Belanda 2-1 untuk lolos ke final Euro 2024.
Foto: AP Photo/Thanassis Stavrakis
Ekspresi kebahagiaan pelatih Inggris Gareth Southgate setelah timnya mengalahkan Belanda 2-1 untuk lolos ke final Euro 2024.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pelatih timnas Inggris Gareth Southgate bergembira setelah keputusan pergantian-pergantian pemainnya pada pertandingan semifinal Piala Eropa 2024 melawan Belanda berbuah manis. Inggris menaklukkan Belanda 2-1 di Stadion Signal Iduna Park, Dortmund, Kamis (11/7/2024) dini hari WIB untuk melangkah ke final Euro 2024.

Pemain pengganti Ollie Watkins, yang baru masuk menggantikan Harry Kane pada menit ke-81, menjadi pencetak gol kemenangan Inggris setelah 10 menit di lapangan. Ia sukses memaksimalkan umpan yang dikirimkan pemain pengganti lainnya, Cole Palmer, pada menit ke-91.

Baca Juga

“Hal terpenting adalah segenap anggota skuad siap untuk bermain. Kami merasa, dengan mempertimbangkan energi, kami mulai sedikit kehilangan tekanan, dan Harry agak cedera. Ollie dapat menekan dan berlari ke belakang (pertahanan lawan). Kami merasa inilah saat yang tepat untuk mencobanya. Saya sampai kehabisan nafas untuk melihat Ollie mendapatkan momennya,” kata Southgate seperti dikutip dari laman resmi UEFA.

Pada pertandingan ini, Inggris kembali tertinggal terlebih dahulu setelah Xavi Simons membuka keunggulan Belanda. Namun The Three Lions menyamakan kedudukan melalui eksekusi penalti Kane. Meski demikian Southgate menilai tim asuhannya tampil baik.

“Kami bermain begitu baik. Ini merupakan pertandingan yang rumit dan kami harus terus berubah, khususnya dengan cara kami bertahan. Kami harus beradaptasi sepanjang waktu dan para pemain melakukan begitu banyak keputusan bagus. Ini adalah akhir yang istimewa bagi para pemain dan penghargaan untuk apa yang telah mereka berikan,” tutur Southgate.

Pahlawan kemenangan Inggris, Watkins, sampai tidak dapat banyak berkata-kata setelah akhir laga.

“Saya kehilangan kata-kata! Saya tidak ingin keluar dari lapangan karena saya ingin terbenam di dalamnya,” kata Watkins.

“Saat Cole berbalik, saya melakukan pergerakan, saya tahu apa yang akan terjadi. Saya tidak berpikir bahwa saya menendang bola dengan sebagus itu. Saya tidak pernah berpikir saya akan bermain di Piala Eropa bersama Inggris, tetapi saya meletakkan kerja keras yang begitu besar untuk bisa berada di titik ini,” kata penyerang Aston Villa itu.

Inggris akan bermain melawan Spanyol pada laga final Piala Eropa 2024 di Olympiastadium, Berlin, pada Senin (15/7) dini hari WIB.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement