Senin 24 Jun 2024 15:00 WIB

Sudirman Said: Sosok Sohibul Iman Sudah Teruji Kapasitas dan Integritasnya

Sohibul dinilai tak akan alami kesulitan untuk memahami masalah di Jakarta.

Rep: Bayu Adji P / Red: Teguh Firmansyah
Co-Kapten Timnas AMIN Sudirman Said di Padepokan Kalisoga, Brebes, Jawa Tengah, Kamis (18/4/2024).
Foto: Republika/Eva Rianti
Co-Kapten Timnas AMIN Sudirman Said di Padepokan Kalisoga, Brebes, Jawa Tengah, Kamis (18/4/2024).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Partai Keadilan Sejahtera (PKS) telah memutuskan untuk mengusung Mohamad Sohibul Iman sebagai bakal calon gubernur (cagub) DKI Jakarta. Keputusan itu merupakan arahan Presiden PKS Ahmad Syaikhu yang ingin mendorong kader internal dalam Pemilihan Gubernur (Pilgub) DKI Jakarta 2024.

Eks Co-Kapten Tim Nasional Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (Timnas Amin) dalam Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024, Sudirman Said, mengapresiasi keputusan PKS mengusung kader internal. Pasalnya, kader internal yang diusung PKS menjadi bakal cagub DKI Jakarta bukanlah orang sembarangan.

Baca Juga

"Saya mengenal baik Bapak Dr Sohibul Iman. Kapasitas dan integritasnya teruji. Kapasitas kepemimpinan beliau juga sudah teruji," kata dia melalui keterangan tertulis, Senin (24/6/2024).

Menurut dia, Sohibul tak akan mengalami kesulitan untuk memahami masalah yang terjadi di Jakarta. Pasalnya, banyak kader di Fraksi PKS di DPRD DKI Jakarta yang bisa membantu untuk memberikan pemahaman kepada Sohibul. 

Mantan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) itu juga sangat memahami keputusan PKS yang memajukan kader internal. Apalagi sosok yang diajukan adalah sosok yang pernah memimpin PKS dan berhasil meningkatkan suara partai serta mampu melalui masa-masa sulit.

Ia menyebutkan, Sohibul berhasil meningkatkan suara dan kursi PKS secara signifikan di parlemen, dari 40 kursi pada 2014 menjadi 50 kursi pada 2019. Selain itu, Sohibul juga memiliki pengalaman panjang di dunia politik, mulai dari menjadi anggota DPR pada 2009-2014, 2014-2019, dan periode 2024-2029, hingga sempat menjadi Wakil Ketua DPR RI.

"Begitu pun dengan pergaulan Pak Sohibul Iman yang luas dengan kalangan profesional maupun pelaku bisnis. Oleh sebab itu, dengan cepat beliau akan mendapatkan masukan-masukan yang diperlukan," kata dia. 

Sudirman menambahkan, ada dua syarat penting yang juga dapat dipenuhi Pak Sohibul Iman untuk memimpin Jakarta. Pertama, Wakil Ketua Majelis Syuro PKS itu akan fokus mengurus warga, karena belum terbaca ada aspirasi untuk maju ke kompetisi politik berikutnya. 

Kedua, Sohibul juga akan mudah menjalin kerja sama dengan pemerintah mendatang. Pasalnya, selama ini sosok tersebut dikenal memiliki keluwesan dalam interaksi politik.

Keputusan PKS mengusung Sohibul Iman sebagai cagub Jakarta ini telah disampaikan secara resmi oleh Juru Bicara PKS Ahmad Mabruri pada Ahad (23/6/2024). Hal ini atas pertimbangan PKS menjadi partai pemenang di Jakarta sehingga sepakat memperjuangkan kader terbaiknya sebagai cagub DKI Jakarta. 

 

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement