Selasa 11 Jun 2024 13:30 WIB

Ini 6 Poin Klarifikasi SMPN 216 Terkait Video Viral Berisi Candaan 'Darah Anak Palestina'

Anak-anak di video itu mengucap lelucon tak pantas tentang korban genosida Palestina.

Rep: Bayu Adji P/ Red: Andri Saubani
SMPN 216 Jakarta
Foto: Dok SMPN 216 Jakarta
SMPN 216 Jakarta

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Jagat dunia maya dihebohkan dengan video sejumlah anak perempuan yang membuat konten lelucon soal Palestina. Pasalnya, anak-anak dalam video itu mengucapkan lelucon yang tak pantas tentang korban genosida di Palestina saat sedang makan di restoran cepat saji.

Pihak SMPN 216 Jakarta ikut terseret dalam polemik akibat viralnya video itu. Pihak sekolah pun telah memberikan klarifikasi terkait video yang beredar di tengah masyarakat. Adapun klarifikasi pihak sekolah adalah:

Baca Juga

 

1. Kejadian tersebut terjadi di luar jam sekolah pada hari Ahad siang, 9 Juni 2024, setelah mereka pulang dari tempat ibadah dan makan siang di restoran cepat saji.

 

2. Empat orang yang berada dalam video tersebut bukanlah peserta didik SMPN 216 Jakarta.

3. Yang memvideokan dan mem-posting serta pemilik akun Instastory tersebut merupakan salah satu peserta didik kelas 9 SMPN 216 Jakarta, yang juga teman dari mereka.

4. Setelah mendalami perihal video yang sudah beredar kami dari pihak sekolah sangat menyayangkan dan mengecam perilaku dalam video tersebut. 

5. Kami dari pihak sekolah sudah memanggil yang bersangkutan beserta orang tuanya dan mendesak yang bersangkutan untuk membuat klarifikasi dan permintaan maaf kepada semua pihak yang merasa dirugikan atas perbuatan yang dilakukan. 

6. ⁠Kami pihak sekolah selalu mengajarkan dan menjunjung tinggi sikap toleransi.

 

-----------------------------------------------------------------------

UPDATE: Berita ini diperbarui oleh tim redaksi Republika pada Rabu (12/6/2024) pukul 17.05 WIB dengan menambahkan keterangan dari pihak Disdik DKI Jakarta mengenai permintaan maaf dan sanksi untuk siswi-siswi yang terlibat di konten video viral soal Palestina.

 

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Official Account of SMPN 216 (@smpn_216)

 

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement