Selasa 23 Apr 2024 12:09 WIB

Dosen Ilmu Komunikasi Berikan Kuliah di Universiti Utara Malaysia

Dosen UMJ hadir dalam program visiting lecturer di Universiti Utara Malaysia.

Dua dosen Program Studi Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Muhammadiyah Jakarta (FISIP UMJ) memberikan kuliah di Universiti Utara Malaysia (UUM), Ahad (21/4/2024).
Foto: UMJ
Dua dosen Program Studi Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Muhammadiyah Jakarta (FISIP UMJ) memberikan kuliah di Universiti Utara Malaysia (UUM), Ahad (21/4/2024).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Dua dosen Program Studi Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Muhammadiyah Jakarta (FISIP UMJ) memberikan kuliah di Universiti Utara Malaysia (UUM), Ahad (21/4/2024).

Keduanya ialah Dr Tria Patrianti, MIKom, dari konsentrasi Public Relations, dan Dr Oktaviana Purnamasari, MSi, dari konsentrasi Advertising. Agenda tersebut merupakan program visiting lecturer yang merupakan kerja sama antara FISIP UMJ dengan kedua perguruan tinggi tersebut.

Baca Juga

Peserta visiting lecturer merupakan mahasiswa jenjang S1 dari program Komunikasi dan Corporate Communication, serta pekerja sosial. Selama satu jam, mereka mendapatkan materi berupa konsep keilmuan, praktik, studi kasus dan hasil riset dalam konteks Indonesia.

Tria Patrianti yang memiliki fokus kajian komunikasi lingkungan memberikan kuliah bertema “Climate Change Communication & Public Relations For Sustainability Action". Tria menjelaskan peran Public Relation dalam upaya penyelesaian masalah perubahan iklim.

Tria menjabarkan hasil riset yang berkaitan dengan komunikasi lingkungan yaitu Program Kampung Iklim Pekayon Jaya yang berlokasi di Bekasi, Jawa Barat. Masyarakat di Kampung Iklim Pekayon Jaya, turut berpartisipasi aktif dalam mengkomunikasikan, mendidik, dan meningkatkan kesadaran akan tindakan mitigasi dan adaptasi.

photo
Dua dosen Program Studi Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Muhammadiyah Jakarta (FISIP UMJ) memberikan kuliah di Universiti Utara Malaysia (UUM), Ahad (21/4/2024). - (UMJ)

Kampung Iklim merupakan medium untuk menyebarluaskan pesan mitigasi dan adaptasi perubahan iklim di Indonesia. Hasil riset ini juga diaplikasikan dalam  pengabdian masyarakat bersama mahasiswa dari FISIP dan Fakultas Teknik UMJ.

Kepada para mahasiswa peserta visiting lecturer, Tria menjelaskan bahwa riset dan pengabdian masyarakat itu menghasilkan temuan bahwa pendekatan PR sangat tepat dalam merancang pesan persuasif dan meningkatkan kesadaran masyarakat untuk melakukan aksi mitigasi dan Adaptasi perubahan iklim.

Sementara itu, Oktaviana Purnamasari memberikan kuliah bertema “Copywriting for Corporate Branding”. Okta menyebut copywriting sebagai alat branding paling kuat. Hal itu dikarenakan copywriting adalah keterampilan dalam menyusun pesan persuasif sehingga mendorong orang untuk mengambil tindakan.

Ia membagikan hasil risetnya tentang tentang copywriting berbasis empathy pada global brand makanan cepat saji di Indonesia saat pandemi. Hasil riset yang ditulis bersama mahasiswa ini telah diterbitkan di Jurnal Nasional terakreditasi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement