Kamis 28 Dec 2023 11:10 WIB

Mahasiswa Prodi Sains Data UNM Raih Juara Pertama Pemilihan Putera Banten Indonesia 2024

Pemilihan Putera Indonesia Banten berfungsi untuk sarana menyampaikan ekspresi diri.

Mahasiswa Universitas Nusa Mandiri (UNM) bernama Michael Andrean Hendra Saputra memenangkan gelar juara pertama Putera Indonesia Banten 2024 di The Agathon Function Center, Gading Serpong, Tangerang.
Foto: Universitas Nusa Mandiri
Mahasiswa Universitas Nusa Mandiri (UNM) bernama Michael Andrean Hendra Saputra memenangkan gelar juara pertama Putera Indonesia Banten 2024 di The Agathon Function Center, Gading Serpong, Tangerang.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Berita menggembirakan datang dari mahasiswa Universitas Nusa Mandiri (UNM) bernama Michael Andrean Hendra Saputra. Mahasiswa ini sedang menempuh pendidikan pada program studi Sains Data Fakultas Teknologi Informasi (FTI) UNM. Pada Sabtu, 16 Desember 2023 berhasil memenangkan gelar juara pertama Putera Indonesia Banten 2024 di The Agathon Function Center, Gading Serpong, Tangerang.

Pemilihan Putera Indonesia Banten berfungsi sebagai platform atau sarana untuk menyampaikan ekspresi diri dan sekaligus menjadi teladan bagi generasi muda di Banten. Fokusnya adalah pada advokasi, di mana mereka diharapkan memiliki pengetahuan umum dan mendalam tentang Pariwisata dan Kebudayaan Banten, Kemanusiaan, Satwa Liar serta Lingkungan Hidup.

Baca Juga

Menurut Michael, melalui ajang Putera Indonesia Banten ini, ia dapat meningkatkan nilai-nilai dalam diri yang nantinya akan bermanfaat bagi diri sendiri, keluarga dan orang-orang terdekat.

“Ini adalah pengalaman yang sangat istimewa. Melalui kesempatan ini, saya dapat menghadapi persaingan yang positif dan membangun relasi antar sesama finalis. Selain itu, berpartisipasi dalam acara ini dapat meningkatkan nilai-nilai dalam diri saya,” ujar Michael. 

Michael juga melakukan serangkaian persiapan untuk memberikan hasil yang optimal, dimulai dari mempersiapkan mental dan meningkatkan rasa percaya diri, peningkatan pemahaman tentang Banten dan soft skills, kemampuan berbicara di depan umum dan yang tak kalah pentingnya yakni membangun citra pribadi (personal branding).

“Keberhasilan saya sebagai pemenang Putera Indonesia Banten tentu tidak lepas dari dukungan yang diberikan oleh keluarga, sahabat terdekat dan portal pageant melalui media sosial. Semua berperan aktif dalam membantu dan mendukung saya meraih kemenangan,” ujarnya.

Ia pun menegaskan acara ini sangat bagus, di event ini saya juga mendapatkan keluarga baru, walaupun dalam persaingan ketat di antara sesama finalis. “Meskipun kami bersaing, kami semua merasa sebagai saudara, dan setelah acara ini berakhir, mereka sepenuhnya mendukung dan merangkul saya, memberikan kebahagiaan yang luar biasa karena bisa berada di sana. Seluruh tim dan direktur regional, yang selalu memberikan perlakuan istimewa kepada kita semua, tidak pernah membeda-bedakan dan selalu mengutamakan kenyamanan semua finalis,” ungkapnya.

Pada sisi lain, Wakil Rektor Bidang Non Akademik, Arif Hidayat menegaskan UNM akan terus memberikan dorongan dan dukungan kepada mahasiswa yang memiliki keinginan untuk meraih prestasi, mengembangkan potensi dan bakat serta mendapatkan pengalaman baru yang positif. 

“Melalui partisipasi dalam kegiatan ini, Michael juga akan memperoleh pengalaman yang luar biasa, yang diharapkan dapat menjadi motivasi bagi mahasiswa yang memiliki minat dalam dunia pageant,” katanya.

Sebagai penutup, Arif memberikan pesan kepada mahasiswa yang tertarik berpartisipasi dalam ajang pageant agar mereka memiliki tingkat kreativitas dan inovasi yang tinggi. “Selain sikap kreatif dan inovasi mahasiswa perlu melengkapi diri dengan keterampilan interpersonal yang memadai, serta kemampuan berbicara di depan umum yang baik,” ujarnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement