Rabu 27 Dec 2023 09:01 WIB

LPPM UNM Gelar Seminar Hasil dan Monev Laporan Akhir Hibah Penelitian dan Pengabdian

Ini dimaksudkan memaparkan hasil atau capaian dari pelaksanaan hibah penelitian.

LPPM (Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat) Universitas Nusa Mandiri (UNM) sukses menyelenggarakan kegiatan Seminar Hasil dan Monev Laporan Akhir Hibah Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Tahun Pelaksanaan 2023.
Foto: Universitas Nusa Mandiri
LPPM (Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat) Universitas Nusa Mandiri (UNM) sukses menyelenggarakan kegiatan Seminar Hasil dan Monev Laporan Akhir Hibah Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Tahun Pelaksanaan 2023.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- LPPM (Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat) Universitas Nusa Mandiri (UNM) sukses menyelenggarakan kegiatan Seminar Hasil dan Monev Laporan Akhir Hibah Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Tahun Pelaksanaan 2023. Kegiatan ini berlangsung pada Jumat, 22 Desember 2023 secara daring.

Pada kegiatan ini menghadirkan lima narasumber yang merupakan dosen-dosen Universitas Nusa Mandiri (UNM( sebagai penerima dana hibah penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, yakni:

Baca Juga

1. Prof Dr Ir Dwiza Riana, SSi, MM, MKom, IPU, ASEAN Eng, sebagai penerima dana hibah penelitian skema Penelitian Jalur Hilirisasi dengan judul penelitian “medinftech.ai: Transformasi Repository dan Analisis Citra Pap Smear Berbasis Kecerdasan Artifisial untuk Deteksi Dini Cervical Cancer”.

2. Sukmawati Anggraeni Putri, MKom sebagai penerima dana hibah penelitian skema Penelitian Dosen Pemula dengan judul penelitian “Aplikasi Cerdas Sistem Deteksi Tindak Kekerasan (SIDETIK) untuk Pencegahan Kerusakan Kesehatan Mental Peserta Didik Berbasis Deep Learning”.

3. Johan Hendri Prasetyo, SE, MM sebagai penerima dana hibah penelitian skema Penelitian Dosen Pemula dengan judul penelitian “Analisis Faktor Online Repurchase Intention pada Layanan Telemedicine”.

4. Luky Fabrianto, MKom, sebagai penerima dana hibah penelitian skema Penelitian Dosen Pemula dengan judul penelitian “Manajemen Persediaan Essential Oil UMKM: Meningkatkan Kinerja Bisnis dengan Data Mining”.

5. Ida Zuniarti, SE, MM, sebagai ketua pelaksana pada Program Pembinaan UMKM Berbasis Kemitraan Tahun 2023 dengan judul “Nusamandiri Inovation Centre (NIC): Digital Bisnis bagi UMKM Industri Rumah Tangga Berbasis Kemitraan Pendorong Pertumbuhan Ekonomi di Era Society 5.0”.

Wakil Rektor I Bidang Akademik Universitas Nusa Mandiri (UNM), Dr Nita Merlina dalam sambutan, saat membuka acara menyampaikan rasa terima kasih kepada tim LPPM sebagai penyelenggara kegiatan.

“Seminar hasil dan monev laporan akhir hibah penelitian dan pengabdian ini dimaksudkan untuk memaparkan hasil atau capaian dari pelaksanaan hibah penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang telah dilakukan oleh para dosen peneliti sebagai penerima hibah,” ungkap Nita.

Seminar hasil dan monev laporan akhir ini, ujarnya memberikan wadah bagi para peneliti, akademisi, dan praktisi pengabdian kepada masyarakat untuk berbagi dan mendiskusikan hasil dari pelaksanaan hibah penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.

“Kegiatan ini merupakan rangkaian akhir dari penelitian yang dilakukan oleh dosen-dosen penerima dana hibah, untuk menyampaikan hasil luaran yang telah dicapai. Adanya kegiatan ini diharapkan dapat memotivasi dosen-dosen lain di lingkungan Universitas Nusa Mandiri (UNM) untuk terus melakukan penelitian dan pengabdian terbaiknya, sehingga dapat meningkatkan kuantitas dosen penerima hibah di lingkungan Universitas Nusa Mandiri (UNM),” kata Nita.

Sementara itu, salah satu dosen penerima hibah Prof Dr Ir Dwiza Riana sebagai rektor Universitas Nusa Mandiri (UNM) menyampaikan luaran penelitian berupa purwarupa medinftech.ai (https://www.medinftech.ai/) sebagai transformasi dari RepomedUNM menjadi purwarupa repository publik yang menyediakan fasilitas labelisasi dan analisa citra pap smear secara otomatis berbasis kecerdasan artifisial untuk deteksi dini cervical cancer. 

“Selain itu, luaran berupa paper dengan judul Comparison of Segmentation Analysis in Nucleus Detection with GLCM using Otsu and Polynomial Methods yang sudah accepted pada Jurnal Resti (Rekayasa Sistem dan Teknologi Informasi/System Engineering and Information Technology) terakreditasi Sinta 2,” kata Prof Dwiza.

Ia pun berharap platform mediftech.ai yang dihasilkan dari penelitian ini dapat mengundang peneliti eksternal untuk melakukan penelitian di bidang yang sama. Pada kegiatan ini, monitoring dan evaluasi laporan akhir oleh reviewer internal, Linda Marlinda yang menyampaikan hasil monev dari masing-masing laporan yang telah disampaikan oleh para dosen masing-masing penerima hibah menghasilkan luaran yang sangat baik. 

“Para penerima dana hibah telah mencapai target yang dijanjikan sesuai dengan apa yang mereka usulkan di proposal pada saat pengusulan,” ujarnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement