Jumat 13 Oct 2023 17:13 WIB

Ridwan Kamil Berduka untuk Palestina, Pastikan Masjid yang Dibangunnya Masih Kokoh

Ridwan Kamil berduka untuk Palestina dan pastikan masjid yang dibangunnya tetap kokoh

Rep: Arie Lukihardianti/ Red: Bilal Ramadhan
Mantan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil. Ridwan Kamil berduka untuk Palestina dan pastikan masjid yang dibangunnya tetap kokoh
Foto: Edi Yusuf/Republika
Mantan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil. Ridwan Kamil berduka untuk Palestina dan pastikan masjid yang dibangunnya tetap kokoh

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Gubernur Jawa Barat periode 2018-2023, Ridwan Kamil menyampaikan belasungkawa atas gugurnya warga Palestina akibat gempuran Israel.

Hal tersebut, diungkapkan Ridwan Kamil dalam postingan terbarunya di Instagram yang diunggah pada Jumat (13/10/2023).

Baca Juga

"Doa saya untuk rakyat Palestina dan warga sipil yang menjadi korban dalam perang ini," ujar Ridwan Kamil yang akrab disapa Emil.

Emil yang juga mendesain Masjid Syekh Ajlin memastikan, masjid yang dirancang untuk warga Palestina di Gaza masih berdiri kokoh.

"Terpantau Masjid Syekh Ajlin yang merupakan donasi netizen Indonesia masih berdiri tegak dengan baik," katanya.

"Masjid yang saya desain 3 tahun lalu, karena sempat hancur oleh bom Israel 2014 ini semoga Allah selamatkan selalu dan tidak ikut terbawa hancur oleh perang sekarang ini," tulisnya lagi.

Emil berharap, perang antara Palestina dan Israel ini segera berakhir. "Dan doa saya juga untuk perdamaian konflik Palestina-Israel," katanya.

Emil memandang, solusi perdamaian atas konflik ini adalah memberikan hak kemerdekaan Palestina sebagai negara berdaulat.

"Karena solusi fundamentalnya adalah memberikan hak kemerdekaan Palestina sebagai negara berdaulat. Dan Indonesia harus selalu memperjuangkan kemerdekaan Palestina," katanya.

Bahkan, Emil pun mengkritik peran Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) dalam hal ini sangatlah tidak jelas. "Peran PBB juga tidak jelas dan tidak dipatuhi," katanya.

Menurut Emil, solusi dua negara merupakan salah satu opsi solusi atasi konflik Israel dan Palestina. Dengan solusi dua negara, Negara Palestina berdampingan dengan Israel, di sebelah barat Sungai Yordan.

"Jika tidak, maka konflik seperti ini akan berketerusan dan yang menjadi korban selalu adalah warga sipil yang tidak bersalah," katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement