Rabu 06 Sep 2023 09:29 WIB

Pemprov DKI Gandeng Astra Gelar Uji Emisi Gratis Bagi Kendaraan Pelanggan

Pemilik kendaraan keluaran Astra bisa uji emisi pada 4 September-31 Desember 2023.

Rep: Haura Hafizhah/ Red: Erik Purnama Putra
Petugas melakukan penilangan bagi kendaraan tidak lolos uji emisi di Terminal Blok M, Jakarta Selatan pada Jumat (1/9/2023).
Foto: Republika/Haura Hafizhah
Petugas melakukan penilangan bagi kendaraan tidak lolos uji emisi di Terminal Blok M, Jakarta Selatan pada Jumat (1/9/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA--  Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta menggandeng PT Astra untuk menggelar uji emisi gratis bagi kendaraan pelanggan. Kegiatan itu berlangsung di Jakarta pada 4 September hingga 31 Desember 2023.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) DKI sekaligus Juru Bicara Satgas Pengendalian Pencemaran Udara, Ani Ruspitawati mengatakan, Pemprov DKI mengapresiasi Astra atas komitmennya dalam mendukung kebijakan dan inisiatif pemerintah untuk mengurangi dampak cuaca ekstrem di Jakarta.

Baca Juga

Menurut Ani, Penjabat (Pj) Gubernur DKI Heru Budi Hartono telah mengajak Astra untuk mendukung kebijakan dan inisiatif Pemprov DKI dalam upaya mengurangi cuaca ekstrem di Jakarta dengan melakukan uji emisi. Hal itu juga untuk mengurangi polusi udara di Ibu Kota dan sekitarnya.

"Ajakan tersebut mendapatkan sambutan baik dari Astra, yang segera menggelar uji emisi gratis bagi para pelanggannya dalam waktu yang cukup lama yaitu dari September hingga Desember 2023," kata Ani di Jakarta pada Rabu (6/9/2023).

Ani berharap, kegiatan uji emisi gratis bagi pelanggan kendaraan Astra dapat membantu mengurangi pencemaran udara. Sehingga udara di Jakarta semakin sehat ketika dihirup warga.

"Diharapkan pula, akan semakin banyak perusahaan atau pemangku kepentingan yang peduli dan turut berpartisipasi dalam menurunkan polusi udara di Jakarta," kata Ani.

Sementara itu, Chief of Corporate Affairs Astra Riza Deliansyah mengatakan, pihaknya siap memfasilitasi uji emisi secara gratis untuk kendaraan para pelanggan di sejumlah bengkel dan diler yang tersebar di berbagai wilayah Jakarta.

"Ada 45 bengkel diler Astra yang terintegrasi dengan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) DKI Jakarta, tersebar di sejumlah titik, yang dapat melayani uji emisi kendaraan pelanggan Astra secara gratis, dengan melakukan reservasi terlebih dahulu," kata Riza.

Dia pun membeberkan lokasi uji emisi gratis tersebar di bengkel Auto2000, Astra Daihatsu, Astra Isuzu, Astra UD Trucks, Astra Peugeot, BMW Astra, Lexus dan Astra Motor. Selain itu, terdapat tiga outlet Astra Otoservice dan dua outlet Shop & Drive yang juga siap melayani pelanggannya untuk uji emisi kendaraan.

Sebagai bagian dari komunitas warga DKI Jakarta, Astra turut mengajak masyarakat untuk berpartisipasi dalam mendukung pemerintah mengurangi dampak cuaca ekstrem yang terjadi di DKI Jakarta dan mendukung Sustainable Development Goals (SDGs) di Indonesia.

"Semoga usaha bersama ini memberikan dampak baik bagi kehidupan masyarakat dan lingkungan sekitar," kata Riza.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement