Jumat 01 Sep 2023 19:00 WIB

Posko Nasional Diresmikan, Relawan Bertekad Bulat Menangkan Anies

Para relawan Anies telah bergerak mandiri sejak lama.

Calon presiden (capres) Anies Rasyid Baswedan saat memberikan sambutan dalam acara peresmian Posko Nasional Relawan Anies di wilayah Pejaten, Jakarta Selatan, secara daring, Jumat (1/9/2023).
Foto: Republika/ Flori Sidebang
Calon presiden (capres) Anies Rasyid Baswedan saat memberikan sambutan dalam acara peresmian Posko Nasional Relawan Anies di wilayah Pejaten, Jakarta Selatan, secara daring, Jumat (1/9/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Pos Komando (Posko) Nasional Relawan Anies Baswedan telah diresmikan di Jakarta, Jumat (1/9/2023). Posko Nasional Relawan Anies ini sebagai wujud kecintaan dan semangat juang lapisan masyarakat terhadap pemenangan Anies Baswedan dalam kontestasi Pilpres 2024.

Posko Nasional Relawan Anies ini bermarkas di Kompleks Ruko Pejaten Office Park, Jl Buncit Raya No 79, Jakarta Selatan. Dalam peresmian juga hadir tokoh lainnya, yaitu anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) asal Sulawesi Selatan Tamsil Linrung, Juru Bicara Anies yang juga inisiator Forum Komunikasi (Forkom) Relawan Anies Tatak Ujiyati, serta sejumlah tokoh dari partai koalisi dan para relawan pendukung Anies Baswedan.

Bersamaan dengan persemian Posko Nasional, juga diluncurkan 12 Posko Wilayah Relawan Anies dari 12 provinsi, yaitu Sumatra Utara, Riau, DKI Jakarta, Jawa Tengah, DIY, Jawa Timur, Nusa Tenggara Barat (NTB), Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tengah, Papua, dan Bali.

Pembina Posko Nasional Relawan Anies, Tamsil Linrung, mengapresiasi peresmian posko nasional. Apresiasi layak diberikan karena posko ini dibentuk secara murni atas inisiatif para relawan Anies Baswedan.

“Para relawan Anies ini luar biasa militan. Mereka tumbuh secara organik dengan inisiatif sendiri dan sumber daya mandiri bergerak mendukung Anies Baswedan. Tidak ada yang menyuruh, bahkan Pak Anies sendiri juga tidak meminta," kata Tamsil.

Menurut dia, para relawan bergerak mandiri sejak lama. "Posko Nasional Relawan Anies ini adalah wujud kecintaan kepada Anies Baswedan dan semangat juang untuk mendukungnya dalam kontestasi Pilpres 2024," ungkap Tamsil.

Dalam kesempatan yang sama, Juru Bicara Anies yang juga inisiator Forum Komunikasi (Forkom) Relawan Anies, Tatak Ujiyati, mengatakan bahwa posko nasional ini terbuka untuk semua.

“Posko Nasional Relawan Anies ini terbuka bagi setiap orang, baik relawan Anies maupun masyarakat umum. Setiap orang dipersilakan untuk mampir guna mendapatkan informasi tentang Anies Baswedan atau sekadar ngopi. Setiap hari, ada relawan yang piket di posko secara bergiliran untuk menerima tamu," ujar Tatak.

Lebih lanjut Tatak menjelaskan, ada dua program penting yang saat ini sedang dijalankan oleh Forkom Relawan Anies yang akan dikendalikan dari Posko Nasional. Kedua program FORKOM adalah Pos Komando Rakyat (Poskora) dan Badan Koordinasi Saksi (Bakorsi).

Poskora merupakan gerakan untuk mendorong setiap orang membuka rumah-rumah mereka sebagai Posko Rakyat/Posko Relawan Anies sehingga masyarakat bisa bertamu dan bertanya tentang Anies Baswedan, rekam jejaknya, serta program-progam yang ditawarkannya sebagai calon presiden. Saat ini, terdapat 10.324 Poskora yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia dan telah dibuat oleh ratusan simpul relawan Anies secara mandiri.

Sementara itu, Bakorsi merupakan upaya Forkom Relawan Anies untuk menaikkan elektabilitas Anies Baswedan sekaligus mengawal suaranya di tempat pemungutan suara (TPS). Tim 100 Bakorsi dibuat secara berjenjang mulai dari tingkat nasional hingga desa. Pada saat peresmian Posko Nasional Relawan Anies, Tim 100 Bakorsi DKI Jakarta sekaligus dikukuhkan. Jakarta menjadi provinsi ke-11 dari Tim 100 BAKORSI yang telah dikukuhkan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement