Kamis 31 Aug 2023 17:52 WIB

Ganjar Ungkap Isi Pembicaraan Saat Makan Siang Bersama Jokowi dan Prabowo

Momen makan siang bersama terjadi saat Jokowi mengunjungi Pekalongan, Jateng.

Rep: Dessy Suciati Saputri/ Red: Andri Saubani
Momen ketika Presiden Jokowi menunjuk dan mengacungkan jempol kepada Menteri Pertahanan Prabowo Subianto dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo di Pasar Grogolan, Pekalongan, Jawa Tengah, Selasa (29/8/2023).
Foto: Dok. Tim Media Prabowo
Momen ketika Presiden Jokowi menunjuk dan mengacungkan jempol kepada Menteri Pertahanan Prabowo Subianto dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo di Pasar Grogolan, Pekalongan, Jawa Tengah, Selasa (29/8/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Gubernur Jawa Tengah sekaligus bakal calon presiden dari PDI Perjuangan Ganjar Pranowo mengungkapkan isi pembicaraan saat dirinya makan siang bersama Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto di Pekalongan. Menurut Ganjar, dalam pertemuan tersebut berlangsung dengan banyak candaan

“Enggak, candaan-candaan aja. Presiden mah kalau di situ candaan,” kata Ganjar di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Kamis (31/8/2023).

Baca Juga

Ganjar juga mengatakan, dalam pertemuan itu Jokowi menceritakan perjalanannya saat mengunjungi sejumlah negara, seperti Cina, India, Korea Selatan, serta saat menghadiri KTT BRICS di Afrika Selatan.

“Sambil cerita perjalanannya kemarin, ke Tiongkok, ke India, ke Korea Selatan, cerita soal BRICS. Gitu aja,” kata dia.

Kendati demikian, Ganjar juga tak membantah bahwa dalam pertemuan makan siang bersama itu juga membahas soal politik.

“Mau bahas politik yang serius ya biasa saja,” ucap Ganjar.

Sebelumnya diberitakan, Presiden Jokowi makan siang bersama Menteri Pertahanan Prabowo Subianto serta Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. Keduanya diketahui merupakan bakal capres di pemilu 2024. Kebersamaan ketiganya terlihat dari foto yang diunggah oleh Koordinator Staf Khusus Presiden RI, Ari Dwipayana melalui akun media sosial instagramnya. Selain ketiga tokoh tersebut, juga tampak duduk bersama menikmati makan siang yakni Menteri Sekretaris Negara Pratikno.

Dalam foto tersebut, Ari Dwipayana menuliskan keterangan makan bersama dan memberikan tagar Jokowi, Prabowo, dan Ganjar Pranowo. Menurut Ari, momen tersebut diambil saat makan siang bersama usai pembukaan acara Muktamar Sufi Internasional di Pekalongan.

“Ini suasana makan siang setelah muktamar di rumah makan Teras Bali Kota Pekalongan,” kata Ari kepada wartawan, Selasa (29/8/2023).

Menurutnya, suasana makan siang tersebut berlangsung santai. Namun saat ditanya apakah ada pembahasan politik saat makan siang bersama itu, Ari tak menjawabnya. Usai makan siang bersama, Ari mengatakan bahwa Presiden Jokowi didampingi Iriana blusukan ke pasar. Kegiatan blusukan itu juga diikuti oleh Ganjar Pranowo dan Prabowo.

“Setelah makan siang, Presiden didampingi Ibu Negara serta rombongan termasuk Pak Ganjar dan Prabowo "blusukan" ke Pasar Grogolan Pekalongan,” ujarnya.

Dalam foto yang diunggah, Jokowi yang mengenakan kemeja putih dan peci berwarna hitam tampak duduk di samping Mensesneg Pratikno. Jokowi duduk berhadapan dengan Prabowo. Sedangkan Prabowo duduk di samping Ganjar Pranowo.

Di meja makan juga tampak berbagai sajian makanan dan minuman. Para tokoh itupun tampak terlihat menikmati kebersamaan saat makan siang bersama. Baik Jokowi, Pratikno, Prabowo, maupun Ganjar pun tampak tersenyum lebar.

 

photo
Ke mana Jokowi berlabuh? - (Republika/berbagai sumber)

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement