Rabu 26 Jul 2023 10:58 WIB

Jokowi Lantik 833 Perwira Remaja TNI-Polri, Termasuk Anak Idham Azis

Anak Idham Azis menjadi salah satu peraih Adhi Makayasa 2023.

Rep: Dessy Suciati Saputri/ Red: Agus raharjo
Presiden Jokowi.
Foto: Rusman/Biro Pers Sekretariat Pre
Presiden Jokowi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Presiden Joko Widodo (Jokowi) melantik dan mengambil sumpah 833 calon perwira remaja (capaja) dari matra TNI dan Kepolisian. Ia bertindak sebagai inspektur upacara dalam Prasetya Perwira (Praspa) TNI-Polri 2023 yang digelar di halaman Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (26/7/2023).

"Bahwa saya akan memenuhi kewajiban perwira dengan sebaik-baiknya terhadap bangsa Indonesia dan Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia tahun 1945,” ujar Jokowi mendiktekan sumpah perwira TNI dan Polri.

Baca Juga

Para perwira yang dilantik oleh Presiden, terdiri atas lulusan Akademi Militer sebanyak 357 orang, lulusan Akademi Angkatan Laut sebanyak 94 orang, lulusan Akademi Angkatan Udara sebanyak 114 orang, dan lulusan Akademi Kepolisian sebanyak 268 orang.

Pelantikan tersebut berdasarkan Surat Keputusan Presiden Nomor 52/TNI Tahun 2023 dan Surat Keputusan Presiden Nomor 53/Polri Tahun 2023.

 

Dalam acara tersebut, Sekretaris Militer Presiden Laksamana Muda TNI Hersan turut membacakan peraih Adhi Makayasa dari masing-masing akademi. Salah satu peraih Adhi Makayasa 2023 yakni, Inspektur Polisi Dua Irfan Urane Azis yang merupakan anak dari mantan Kapolri Jenderal (Purn) Idham Azis. Ia lulus dari Akademi Kepolisian (Akpol).

Selain itu, peraih Adhi Makayasa lainnya yakni Letnan Dua Sawung Setiawan dari Akademi Militer, Letnan Dua Pelaut Hermawan Burhanudin Tri Putro dari Akademi Angkatan Laut, dan Letnan Dua Penerbang Muhammad Galuh Safari Rahmat dari Akademi Angkatan Udara.

Turut hadir dalam upacara Praspa TNI-Polri Tahun 2023 yakni Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Menko Polhukam Mahfud MD, Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko, dan Ketua MPR Bambang Soesatyo.

Selain itu, hadir Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, Kepala Staf TNI Angkatan Darat Jenderal Dudung Abdurachman, Kepala Staf TNI Angkatan Laut Laksamana Muhammad Ali, dan Kepala Staf TNI Angkatan Udara Marsekal Fadjar Prasetyo.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement