Jumat 23 Jun 2023 16:41 WIB

Rumah DP Nol Rupiah Dijadikan Tempat Kos, Dinas Perumahan DKI Bakal Panggil Pemilik Hunian

Pemilik bisa disanksi jika terbukti menyewakan hunian DP Nol Rupiah.

Rep: Haura Hafizhah/ Red: Agus raharjo
Sejumlah pengunjung berjalan memasuki kawasan rumah DP nol Rupiah di Cilangkap, Jakarta Timur, Kamis (8/9/2022). (Ilustrasi)
Foto: ANTARA/Asprilla Dwi Adha
Sejumlah pengunjung berjalan memasuki kawasan rumah DP nol Rupiah di Cilangkap, Jakarta Timur, Kamis (8/9/2022). (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA--Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman DKI Jakarta akan lakukan pemanggilan terhadap pemilik hunian Rumah DP Nol Rupiah. Pemanggilan ini terkait dugaan memasarkan huniannya untuk menjadikan tempat kos di Menara Samawa, Pondok Kelapa, Jakarta Timur.

"Kepada pemiliknya akan dijadwalkan pemanggilan klarifikasi tanggal 4 Juli 2023 hari Selasa pukul 09.00 WIB di kantor UPDP (Unit Pengelola Dana Perumahan)," kata pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman DKI Jakarta Retno Sulistyaningrum saat dikonfirmasi pada Jumat (23/6/2023).

Baca Juga

Kemudian, ia mengaku sudah melakukan investigasi ke unit Rumah DP Nol Rupiah Menara Samawa. Menurutnya, di unit rumah tersebut ditemukan kosong atau tidak ada orang.

"Ini terkait rumah DP Nol Rupiah langsung saja ya. Jadi, gini tim saya kemaren sudah investigasi ke lapangan ya gitu. Memang ditemukan di lapangan, unitnya kosong," kata dia.

Ia menambahkan akan meminta keterangan lebih lanjut kepada pemilik hunian tersebut tentang kebenaran video yang viral di media sosial. Apabila terbukti hunian memang disewakan pemilik nantinya akan ditindak.

"Jika nanti terbukti. Tapi kan tidak bisa langsung begitu ya, harus ada peringatan, 1,2 dan 3," kata dia.

Sebelumnya diketahui, video yang beredar di berbagai kanal medsos menunjukkan suasana serta fasilitas yang didapatkan, mulai dari tempat tidur, kamar mandi di dalam, dapur dan balkon yang bisa melihat suasana Jakarta Timur. Namun, saat ini, video yang sudah terlanjut viral tersebut telah dihapus.

"Kalian yang lagi cari kosan, yang nyaman dan harganya murah sini aku kasih tau rekomendasi kosan murah di Jakarta Timur. Kamar mandinya dalam udah ada kulkas dan juga kitchen set-nya dipakai kompor tanam dan pastinya kalau ngekos disini nggak perlu jajan keluar karena bisa masak di rumah. Dengan fasilitas sebagus itu, sewa atau ngekos di apartemen ini cuma Rp 1 juta free IPL," kata narasi di video tersebut.

Menara Samawa (Hunian DP Nol Rupiah) dibangun di atas luas lahan 6.126 meter persegi (m2) diperuntukkan bagi warga Jakarta yang belum memiliki rumah. Terdapat 780 unit dalam Menara Samawa yang terdiri atas tiga tipe, yaitu studio 240 unit, satu kamar 180 unit, dan dua kamar 360 unit.

"Menara Samawa telah diresmikan oleh gubernur DKI Jakarta pada akhir Agustus 2019. Kedepannya, akan dibangun tiga menara komersial dalam lahan Nuansa Pondok Kelapa dengan total luas lahan 2,9 hektare," demikian keterangan yang tertera di laman Perumda Pembangunan Sarana Jaya pada Rabu (21/6/2023).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement