Jumat 05 May 2023 19:57 WIB

Alasan Jokowi Sengaja Ubah Rute Saat Tinjau Jalan Rusak di Lampung

Jokowi secara tiba-tiba memilih meninjau ruas Jalan Raya Seputih Raman.

Dalam kunjungan kerjanya ke Lampung pada Jumat (5/5/2023), Presiden Joko Widodo berganti mobil menjadi jenis jip saat sedang meninjau ruas jalan Seputih Raman-Seputih Banyak-Simpang Randu. Alasan Jokowi Sengaja Ubah Rute Saat Tinjau Jalan Rusak di Lampung
Foto: Biro Pers Sekretariat Presiden/Laily Rachev
Dalam kunjungan kerjanya ke Lampung pada Jumat (5/5/2023), Presiden Joko Widodo berganti mobil menjadi jenis jip saat sedang meninjau ruas jalan Seputih Raman-Seputih Banyak-Simpang Randu. Alasan Jokowi Sengaja Ubah Rute Saat Tinjau Jalan Rusak di Lampung

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Presiden Joko Widodo (Jokowi) sengaja mengubah rute peninjauan ruas jalan di Lampung agar mengetahui kondisi riil yang dirasakan masyarakat setempat selama ini.

Hal itu dikonfirmasi Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden Bey Machmudin yang menyebut Presiden Jokowi memang menolak menggunakan rute terjadwal yang sebelumnya juga sudah diketahui Pemerintah Provinsi Lampung.

Baca Juga

"Presiden tidak mau menggunakan jalur yang sudah dijadwalkan, sebab itu kondisinya sudah lebih baik," kata Bey melalui pesannya yang diterima awak media di Jakarta, Jumat Jumat (5/5/2023).

Bey menambahkan jalur yang disiapkan memang belum sepenuhnya diperbaiki, tapi sudah mengalami perbaikan yang tidak permanen. Oleh karena itu, Jokowi meminta peninjauan dilakukan dengan rute melintasi jalan-jalan yang kondisinya belum diperbaiki. 

"Jadi jalur yang berbeda dari yang dijadwalkan semula," kata Bey.

Menurut Bey, Jokowi berharap, dengan perubahan rute itu dirinya bisa merasakan langsung seperti apa melewati jalan yang kondisinya rusak di Lampung. "Sebab masyarakat kan jenis kendaraannya beda-beda ya. Mobil, motor, angkot dan lainnya. Supaya bisa merasakan bagaimana yang masyarakat keluhkan," ujar Bey.

Jokowi secara tiba-tiba memilih meninjau ruas Jalan Raya Seputih Raman di Kecamatan Seputih Raman, Lampung Tengah, kendati awalnya diagendakan meninjau infrastruktur di Rumbia. Sebelumnya, Jokowi  juga sempat berganti mobil dalam kegiatan peninjauan ruas jalan di Lampung Tengah setelah ada indikator menyala di mobil yang awalnya ia tumpangi.

Sesudah itu, ia melanjutkan kunjungan kerja menggunakan mobil berjenis jip/SUV. Jokowi tengah melakukan kunjungan kerja di Lampung untuk meninjau ruas-ruas jalan rusak yang belakangan viral di media sosial.

Ia mengatakan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) akan mengambil alih penanganan jalan rusak parah di provinsi, kabupaten, dan kota. "Jika kondisi keuangan pemerintah daerah tak mampu memperbaiki jalan rusak, maka akan diambil alih Kementerian PUPR untuk perbaikannya," kata Jokowi usai mengunjungi Pasar Natar di Kabupaten Lampung Selatan, Lampung.

Selama peninjauan, ia didampingi Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan, dan Gubernur Lampung Arinal Djunaidi.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement