Jumat 05 May 2023 18:04 WIB

Mobil Jokowi Terindikasi Rusak Lewati Jalan Lubang Lampung, Presiden Ganti Jeep

Indikator mobil Mercedes Presiden Jokowi menyala ketika melintas Jalan Seputih Raman.

Rep: Dessy Suciati Saputri/ Red: Teguh Firmansyah
Presiden Jokowi saat meninjau ruas jalan di Provinsi Lampung, Jumat (5/5) pada pukul 10.30 WIB du Jalan Terusan Ryacudu Kabupaten Lampung Selatan.
Foto: Biro Pers Sekretariat Presiden
Presiden Jokowi saat meninjau ruas jalan di Provinsi Lampung, Jumat (5/5) pada pukul 10.30 WIB du Jalan Terusan Ryacudu Kabupaten Lampung Selatan.

REPUBLIKA.CO.ID,  JAKARTA -- Presiden Joko Widodo (Jokowi) sempat berganti mobil saat sedang meninjau jalan rusak di Provinsi Lampung, Jumat (5/5/2023).

Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden Bey Machmudin mengatakan, peristiwa tersebut terjadi saat Jokowi melintas di Jalan Seputih Raman. Jokowi harus berganti mobil karena indikator mobil yang ditumpangi menyala.

Baca Juga

"Benar (berganti mobil). Tadi pas di Jalan Seputih Raman, saat lagi ninjau jalan, ketemu wartawan juga untuk doorstop, Presiden doorstop, terus kemudian diberitahu harus ganti mobil karena ada indikator yang menyala," jelas Bey kepada wartawan.

Meski begitu, mobil Mercedes-Benz yang saat itu ditumpangi Jokowi masih dalam kondisi hidup. Namun karena ada indikator mobil yang menyala, maka Komandan Paspampres menyarankan Presiden untuk berganti mobil.

"Tapi masih hidup mobilnya, tapi karena indikator yang menyala, Komandan Paspampres Mayor Jenderal TNI Rafael Granada Baay menyarankan untuk berganti mobil," jelas dia.

Usai kejadian itu, Jokowi pun kemudian berganti mobil jenis jeep. "Yang sekarang dipakai jenis jip," kata Bey.

Bey juga menjelaskan, sebelumnya Presiden juga telah mendapatkan tawaran agar menaiki helikopter saat peninjauan jalan rusak. Namun Jokowi saat itu menegaskan ingin merasakan kondisi jalan rusak yang dikeluhkan masyarakat. Karena itu ia menolak menggunakan helikopter.

"Presiden ditawarkan heli itu justru balik bertanya, ‘kalau saya naik heli, bagaimana saya bisa merasakan jalanan yang rusak?’ Waktu mendengar akan memakai heli itu, ‘nggak usah, nggak usah pakai heli, saya naik mobil aja’," cerita Bey.

Dari video yang dibagikan fotografer kepresidenan, Agus Suparto, tampak mobil hitam berplat RI 1 yang ditumpangi Presiden Jokowi melintas di jalan rusak dan berlubang di Jalan Terusan Ryacudu di Lampung Selatan. Tampak mobil Jokowi harus berjalan sangat perlahan dan zig zag karena melintasi jalan-jalan berlubang dan digenangi air.

Separuh jalan yang dilewati Jokowi beraspal dan separuhnya lagi rusak. Jalanan yang tak tertutup aspal itupun tampak bergelombang.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement