Sabtu 09 Dec 2023 21:40 WIB

Jalan Nasional di Lampung Dipastikan Siap Beroperasi di Akhir Tahun

Jalan nasional di Lampung kondisi kemantapan sudah mencapai 94,51 persen.

Dalam kunjungan kerjanya ke Provinsi Lampung pada Jumat (5/5), Presiden Joko Widodo berganti mobil menjadi jenis jip saat sedang meninjau ruas jalan Seputih Raman - Seputih Banyak - Simpang Randu.
Foto: Laily Rachev/Biro Pers Sekretari
Dalam kunjungan kerjanya ke Provinsi Lampung pada Jumat (5/5), Presiden Joko Widodo berganti mobil menjadi jenis jip saat sedang meninjau ruas jalan Seputih Raman - Seputih Banyak - Simpang Randu.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDARLAMPUNG -- Balai Pelaksanaan Jalan Nasional (BPJN) memastikan seluruh jalan nasional di Provinsi Lampung siap beroperasi pada periode libur akhir tahun.

"Dalam rangka mendukung kelancaran dan kenyamanan pengguna arus lalu lintas pada periode libur akhir tahun, kami sudah memastikan seluruh jalan nasional di Lampung telah siap beroperasi secara fungsional," ujar Kepala Balai Pelaksanaan Jalan Nasional Lampung Susan Novelia di Bandarlampung, Sabtu (9/12/2023).

Baca Juga

Ia mengatakan panjang jalan nasional di Lampung mencapai 1.298,41 km yang merupakan jalan lintas, dan 330,14 km merupakan jalan tol juga telah siap digunakan pengguna jalan. "Untuk jalan nasional di Lampung kondisi kemantapan jalannya sudah mencapai 94,51 persen. Dan untuk kegiatan longsegment jalan per 13 November kemarin sudah memiliki progres 82,68 persen, tentunya ini diharapkan mampu memberikan jalan yang nyaman dan berkeselamatan bagi pengendara," kata Susan.

Dia menjelaskan untuk menjaga kemantapan di jalan nasional telah dilakukan juga upaya penutupan lubang untuk mewujudkan zero pothole. "Zero pothole ini sudah hampir 100 persen kondisinya, tetapi untuk lubang baru yang timbul sudah diamankan oleh pejabat pembuat komitmen, untuk melakukan penutupan lubang paling cepat dua hari," ucapnya.

 

Ia melanjutkan pihaknya pun telah menyediakan layanan respon cepat bila ditemukan ada lubang di jalan nasional agar segera ditangani petugas. "Dari panjang jalan nasional 1.298 km yang semuanya dalam kondisi baik itu terbagi dalam beberapa bagian yakni jalan Lintas Timur Provinsi Lampung dengan panjang 287,08 km," kata dia.

Lalu jalan Lintas Tengah Provinsi Lampung sepanjang 333,57 km, jalan Lintas Barat Provinsi Lampung sepanjang 318,27 km, dan jalan Lintas Penghubung Provinsi Lampung dengan panjang 277,70 km. Dengan adanya upaya menjaga kemantapan jalan di sepanjang jalan nasional di Lampung diharapkan dapat memperlancar arus transportasi masyarakat pada periode Natal 2023 dan Tahun Baru 2024.

 

sumber : ANTARA
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement