Selasa 02 May 2023 12:48 WIB

Kapolda Papua: Markas Komando Pasukan Brimob III Dibangun di Timika

Markas Brimob I dibangun di Aceh dan Markas Brimob II dibangun di Kaltim.

Rep: Antara/ Red: Erik Purnama Putra
Kapolda Papua Irjen Mathius Fakhiri.
Foto: Antara
Kapolda Papua Irjen Mathius Fakhiri.

REPUBLIKA.CO.ID, JAYAPURA -- Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Papua, Irjen Mathius Fakhiri mengatakan, pembangunan Markas Komando Pasukan Brimob III saat ini sedang dilaksanakan di Timika, Kabupaten Mimika, Provinsi Papua Tengah. Nantinya, Brimob Polri akan membangun tiga markas baru di seluruh Indonesia.

"Memang benar saat ini berbagai persiapan untuk pembangunan Mako Brimob yang akan ditempati pasukan Brimob III sudah dilakukan. Saya sudah meninjau lahan yang akan dibangun Mako Pasukan Brimob III di Timika, Ahad (30/4/2023)," kata Mathius di Kota Jayapura, Provinsi Papua, Selasa (2/5/2023).

Dia mengatakan, Pasukan Brimob III langsung berada di bawah Komandan Korps Brimob yang akan membawahi provinsi di wilayah Indonesia timur, yakni Maluku, Sulawesi, Nusa Tenggara, dan Papua. Dengan adanya pasukan Brimob di Timika, lanjut Mathius, apabila ada kebutuhan personel yang mendesak tidak lagi didatangkan dari luar Papua.

Pasalnya, selain pergeseran yang dilakukan Polda Papua, juga ada perbantuan dari Pasukan Brimob III. Selain di Timika, pasukan Brimob juga ada di Langsa, Provinsi Aceh, yakni Brimob I, sementara Brimob II berkedudukan di Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur. "Pasukan Brimob dipimpin jenderal berbintang satu, " jelas Mathius.

Selain mengunjungi lokasi pembangunan Mako Pasukan Brimob III, Mathius juga meninjau lahan seluas lima hektare yang disiapkan untuk pembangunan Rumah Sakit (RS) Bhayangkara di Timika.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement