Sabtu 01 Apr 2023 13:16 WIB

Inspektorat DKI Bakal Sanksi Pejabat Dishub Bergaya Hidup Mewah

Istri Massdess Arouffy memamerkan tas Hermes Birkin Crocodile senilai Rp 1,5 miliar.

Rep: Haura Hafizhah/ Red: Erik Purnama Putra
Kepala Inspektorat DKI Jakarta, Syaefuloh Hidayat (kiri).
Foto: Antara/Reno Esnir
Kepala Inspektorat DKI Jakarta, Syaefuloh Hidayat (kiri).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta melalui Inspektorat bergerak cepat lakukan pemanggilan terhadap pegawai Dinas Perhubungan (Dishub) DKI bernama Massdes Arouffy. Pemanggilan itu terkait dengan gaya hidup mewah kabid Pengendalian dan Operasional Lalu Lintas dan Angkutan Jalan Dishub DKI dan istrinya tersebut yang diunggah di akun Instagram-nya.

"Kami langsung bergerak melakukan pemanggilan kepada yang bersangkutan untuk pemeriksaan lebih lanjut. Jika memang terbukti adanya pelanggaran disiplin tentunya akan diberikan sanksi sesuai ketentuan yang berlaku," kata Inspektur Provinsi DKI Jakarta Syaefuloh Hidayat dalam keterangan tertulis di Jakarta pada Jumat (31/3/2023).

Sesuai dengan ketentuan dalam Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 94 Tahun 2021 tentang Disiplin Pegawai Negeri Sipil, pihaknya segera melakukan pemeriksaan lebih lanjut kepada Massdes yang dilakukan tim internal. Mereka terdiri dari unsur atasan, pengawasan, dan kepegawaian.

Apabila terbukti adanya pelanggaran disiplin, sambung dia, tentunya akan diberikan sanksi sesuai ketentuan yang berlaku. "Pemprov DKI Jakarta berkomitmen untuk mencegah praktik-praktik yang bertentangan dengan nilai hukum, serta terus menerapkan nilai-nilai integritas dan pola hidup sederhana pada seluruh pegawai Pemprov DKI Jakarta," kata Syaefuloh.

Sebelumnya, sebuah akun di Twitter mengunggah foto Massdes bersama istrinya yang memakai tas Hermes, hingga menjadi bahan pembicaraan warganet. "Tebak harga tas (abaikan kalungnya)," kata akun tersebut dikutip Republika.co.id pada Jumat.

Kemudian, ada foto juga yang menunjukkan anaknya yang dapat hadiah ulang tahun dari ayahnya yaitu Massdes. "Postingan ini adalah dari anaknya yang dapat hadiah ulang tahun dari Papsmear, eh Papsky-nya. Dan paket Hermes ini adalah kado ultah dari Mami, kata dia.

"Yang pada bilang tas pada gambar pertama diatas adalah KW jangan terkejut dengan harga tas Hermes Birkin Crocodile yang mencapai 105 ribu dolar aS alias 1,5 miliar Rupiah lebih ini," kata akun tersebut.

Kepala Dishub DKI, Syafrin Liputo menanggapi viralnya gaya hidup keluarga anak buahnya yang memamerkan barang mewah di media sosial. Menurut dia, persoalan Massdes diserahkan kepada Inspektorat DKI dan Badan Kepegawaian Daerah (BKD) DKI untuk menjalani pemeriksaan.

"Tentu untuk hal ini, telah kami laporkan dan saat ini akan dilakukan pemeriksaan oleh unsur pengawasan pemerintah provinsi DKI Jakarta dan unsur pembinaan kepegawaian," kata Syafrin saat ditemui di Dukuh Atas, Jakarta Pusat pada Jumat.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement