Jumat 17 Mar 2023 05:50 WIB

Pemprov DKI Berpartisipasi di Pameran Produk Kreatif SXSW, Texas

Disparekraf DKI promosikan produk inovatif dan berkualitas tinggi Jakarta ke dunia.

Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta mengikuti South by Southwest (SXSW) di Austin, Texas, Amerika Serikat (AS) pada 10-19 Maret 2023.
Foto: Dok Pemprov DKI
Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta mengikuti South by Southwest (SXSW) di Austin, Texas, Amerika Serikat (AS) pada 10-19 Maret 2023.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta melalui Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Disparekraf) berkolaborasi dengan Direktorat Pemasaran Ekonomi Kreatif Kemenparekraf berpartisipasi dalam acara South by Southwest (SXSW) di Austin, Texas, Amerika Serikat (AS) yang berlangsung pada 10-19 Maret 2023. SXSW merupakan acara tahunan yang terkenal sebagai tempat berkumpulnya para pelaku industri kreatif global.

Pameran tersebut menampilkan berbagai program seperti musik, film, interaktif, teknologi, pendidikan, dan konferensi bisnis. Sekretaris Disparekraf DKI, Helma Dahlia, menjelaskan, dalam kesempatan itu, Indonesia menghadirkan sembilan delegasi. Adapun lima delegasi pelaku teknologi dan industri kreatif berasal dari Jakarta.

"Mereka adalah PT Aurora Cantika Globalindo (Alatte Beauty), PT Aruvana Virtual Semesta (Aruvana), PT Produksi Kreatif Anak Bangsa (GoPlay), PT Cerita Horologi Indonesia (Horology Story), dan PT Likuid Jaya Inisiasi (Sermorpheus)," ujarnya dalam siaran pers di Jakarta, Jumat (17/3/2023).

Data Badan Pusat Statistik (BPS) menunjukkan, ekspor produk kreatif Indonesia mencapai 16,4 miliar dolar AS atau sekitar Rp 252,75 triliun pada 2022. Angka tersebut menunjukkan beragam produk kreatif Indonesia telah berhasil menembus pasar internasional dan mendapatkan pengakuan dari konsumen di luar negeri. "Produk kreatif Indonesia juga mampu bersaing di pasar internasional dan dapat menjadi pilihan yang menarik bagi konsumen di seluruh dunia," ucap Helma.

Kepala Disparekraf DKI, Andhika Permata, menyatakan, partisipasi Pemprov DKI dalam acara SXSW 2023 adalah sebagai kesempatan emas untuk mempromosikan produk inovatif dan berkualitas tinggi dari industri kreatif dan teknologi Jakarta kepada dunia. "Partisipasi ini juga akan membawa manfaat besar bagi Jakarta, baik dalam hal promosi, investasi, maupun kerja sama internasional, serta membawa inspirasi dan wawasan baru bagi pengembangan kota Jakarta ke depan," ucap Andhika.

Subkoordinator Hubungan Antarlembaga dan Fasilitasi HKI yang juga turut mendampingi delegasi dari Jakarta di SXSW 2023, Lucky Wulandari menambahkan, Jakarta akan membawa semangat inovasi industri kreatif dan teknologi ke acara SXSW 2023. "Dan kami berharap dapat memperluas jaringan kerja sama, meningkatkan kemitraan dengan pelaku industri global, serta membuka peluang baru sehingga memperkuat posisi Jakarta sebagai pusat kreativitas dan inovasi teknologi di Asia," ucapnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement