Jumat 24 Feb 2023 03:37 WIB

Legislator Jelaskan Alasan Kepuasan Publik pada Pemerintah Jokowi Naik

Anggota DPR nilai pemerintah Jokowi berhasil atasi masalah pandemi.

 Hendrawan Supratikno
Foto: DPR
Hendrawan Supratikno

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Anggota DPR RI, Hendrawan Supratikno, menjelaskan beberapa faktor yang menyebabkan kepuasan publik atas Pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengalami kenaikan.

"Faktor keberhasilan Indonesia yang sukses mengatasi masalah pandemi, ancaman resesi, dan kepemimpinan Indonesia di ajang G20 dan ASEAN ikut menaikkan angka kepuasan publik tersebut," kata Hendrawan dalam keterangan di Jakarta, Kamis (24/2/2023).

Baca Juga

Hendrawan menyebutkan hasil Survei Litbang Kompas bisa menjadi bahan untuk evaluasi kinerja Pemerintahan Presiden Joko Widodo. Hasil survei menunjukkan tingkat kepuasan publik terhadap kinerja pemerintah naik.

Sementara, anggota DPR RI Christina Aryani mengatakan memaknai hasil survei itu sebagai bukti bahwa apa yang selama ini diupayakan pemerintah direspons baik oleh publik.

"Peningkatan kepuasan publik tentunya tidak terlepas dari capaian pemerintah di sektor ekonomi," ujar Christina Aryani.

Litbang Kompas mengeluarkan hasil survei pada Februari 2023 yang menunjukkan tingkat kepuasan publik terhadap pemerintah mengalami peningkatan. Berdasarkan survei yang berlangsung 25 Januari-4 Februari 2023, angka kepuasan publik pada kepemimpinan Jokowi mencapai 69,3 persen.Angka itu meningkat 7,2 persen dibandingkan survei yang sama pada Oktober 2022. 

Kala itu kepuasan publik pada pemerintah berada di angka 62,1 persen.Awal Januari 2023, Indikator Politik Indonesia (IPI) merilis hasil survei tingkat kepuasan kinerja pemerintah yang mencapai 71,3 persen pada akhir 2022. Angka ini naik 5,1 persen dari survei sebelumnya pada November 2022 sebesar 66,2 persen.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement