Jumat 18 Oct 2024 19:10 WIB

Ketika Warganet Puji Capaian Pembangunan Tol Trans Jawa Era Jokowi

Warganet mengapresiasi kinerja pemerintahan Jokowi

Rep: Rizky Suryandika / Red: Nashih Nashrullah
Foto udara kendaraan melintas di Jalan Tol Pejagan-Pemalang, Brebes, Jawa.
Foto: ANTARA FOTO/Aprillio Akbar
Foto udara kendaraan melintas di Jalan Tol Pejagan-Pemalang, Brebes, Jawa.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA- Selama satu dekade memimpin, tol Trans Jawa yang dibangun Presiden Jokowi sudah dirasakan sejumlah pihak. Pariwisata dan ekonomi di daerah kembali hidup berkat adanya pembangunan ini.

Beragam komentar positif diungkapkan warga net dengan tagar KamiYangTakKalianPahami.

Baca Juga

Warganet menilai kinerja Jokowi dalam pembangunan infrastruktur telah berhasil membuat beragam tempat wisata yang dahulu kurang terekspos kini kian maju dengan berbagai pembangunan infrastruktur.

Influencer Putra Aji Sujati dalam akun Tiktok @putra.ajisujati sebagai warga Banten contohnya, dia mengapresiasi keberadaan Tol Serang-Panimbang yang membawa kemajuan bagi warga sekitar.

"Dulu kalau kita mau wisata ke Pantai Tanjung Lesung itu jauh banget dari Serang dan Tangerang, makan waktu lama bikin capek duluan sebelum sampai. Kalian yang suka jalan penjelajah alam di Banten akses semakin mudah dan terasa dampaknya pada ekonomi warga," kata Putra.

Lain tempat lain pula ceritanya, pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN) yang terjadi Penajam Pasir Kalimantan Timur dirasakan oleh sejumlah warga Kalimantan. Stigma negatif Kalimantan sebagai wilayah tak bertuan karena sawit dan tambang perlahan terkikis.

TikTokers @rizkymariodh yang memiliki 437,4 ribu pengikut mengungkapkan Kalimantan Timur kini mulai dikenal sejumlah orang. Bahkan keberadaan Ibu Kota Nusantara telah membuat wilayahnya kian terkenal di dunia.

"Sekarang banyak perusahaan-perusahaan besar membuka lowongan di sini, tentunya ini membuat kami menjadi kian dikenal dan ekonomi menjadi hidup," kata Rizky.

Influencer Bali, @sintakarma.22 menuturkan bila keberadaan wilayahnya kini telah hidup. Bahkan sejak pembangunan tol Trans Jawa, Bali mulai di datangi beberapa pelancong dari Jawa.

"Dahulu Bali hanya dikenal karena wisatawan asing, tapi banyak dari mereka yang kini datang ke Bali menggunakan jalur darat," tuturnya.

Selain itu, sembari menuliskan tagar KamiYangTakKalianPahami, Sinta menuturkan dirinya bisa dengan mudah mengirimkan kerajinan hasil UMKM Bali ke sejumlah kota besar di Jawa.

"Terima kasih Pak Jokowi atas semuanya, sehingga warga pulau Bali bisa merasakan fasilitas yang sama dengan Kota-kota besar. Salah satunya jalan Tol kebanggaan warga Bali," tulisnya dalam caption.

 

Mengutip dari halaman Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), tol Trans Jawa yang dibangun sejak 1978 hingga kini memiliki panjang 2.893,02 kilometer yang membentang dari Merak di Banten hingga Probolinggo di Jawa Timur.

Dari total sepanjangan itu, Presiden Jokowi yang memerintah sejak 2014-2024 telah memberikan sumbangsih sebanyak 72,7 persen ruas jalan atau 2.103 kilometer. Ke depannya tol ini juga akan diperpanjang hingga Banyuwangi.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement