Senin 23 Jul 2018 08:47 WIB

Antrean Tiket KRL Stasiun Pondok Cina Lancar

Pengunjung seharusnya sudah menyiapkan uang tunai Rp 3.000 untuk tiket kertas

Rep: Rahayu Subekti/ Red: Bilal Ramadhan
Tiket kertas KRL yang berlaku pada hari ini karena pembaruan sistem ticketing, Senin (23/7).
Foto: Republika/Rahayu Subekti
Tiket kertas KRL yang berlaku pada hari ini karena pembaruan sistem ticketing, Senin (23/7).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pengguna kereta rel listrik (KRL) hari ini (23/7) harus membeli tiket manual dengan kertas seharga Rp 3.000 untuk semua perjalanan. Hal itu menyebabkan adanya kekhawatiran antrean panjang di stasiun karena pembelian tiket secara manual.

Hanya saja, antrean panjang tidak terjadi di Stasiun Pondok Cina (Pocin), Depok. Menurut pantauan Republika.co.id pada pukul 08.05 WIB, di Stasiun Pocin sama sekali tidak ada antrean berarti di depan pintu masuk hanya antrean beberapa baris saja.

Pihak PT Kereta Commuter Indonesia (KCI) membuka tiga loket pembelian tiket manual di Stasiun Pocin. Dua loket tiket di depan pintu masuk dan satu lagi menggunakan loket pembelian tiket harian berjamin (THB) yang digunakan untuk sistem manual.

Setiap loket juga dibuat dua antrean sehingga sama sekali tidak menimbulkan antrean berarti. Warga Depok Ratih Ayu (26 tahun) yang menggunakan KRL dari Stasiun Pocin menyaku lega tidak mengalami antrean berarti.

"Dari pagi saya cari info dulu memang di medsos untuk di Pocin ini antre banget atau enggak. Eh ternyata benar kok tidak antre," kata Ratih kepada Republika.co.id, Senin (23/7).

Hanya saja, Ratih merasa seharusnya semua pengguna KRL bisa menyiapkan uang pas sebesar Rp 3.000. Sebab, saat dia antre beli tiket ada sedikit antrean sekitar lima detik setiap orang karena membeli tiket tidak menggunakan uang pas.

Begitu juga Andini Prastiwi (28 tahun) yang ingin menuju Jakarta dari Stasiun Pocin. Andini sengaja tidak berangkat terlalu pagi karena memprediksi akan terjebak antre.

"Dari semalam kan sudah banyak berita kalau harus siap-siap antre lama. Jasi pasti banyak yang berangkat pagi, saya karena tidak buru-buru sedikit siang berangkatnya dan benar tidak terlalu antre," ujar Andini.

Selain tidak adanya antre yang berarti, peron di Stasiun Pocin pada jam tersebut juga terpantau sepi. Padahal biasanya sekitar pukul 08.00 WIB, peron di Stasiun tersebut masih terlihat ramai namun khusus hari ini terbilang cukup sepi.

Saat ini KCI masih masih melakukan pembaharuan sistem pembelian tiket elektronik. Akibat hal tersebut, KCI memberlakukan pembelian tiket manual dengan kertas pada swmua pemberangkatan KRL di setiap stasiun hari ini.

Pembaharuan sistem sudah dilakukan sejak Sabtu (21/7) sehingga berdampak pada pintu masuk setiap stasiun. Akibatnya, pada Sabtu (21/7) hingga Ahad (22/7) pengguna KRL hanya bisa membeli tiket THB dan tidak bisa menggunakan uang elektronik dari sejumlah bank.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement