Ahad 10 Jul 2016 17:55 WIB

Fasilitas Umum di Objek Wisata Pantai Sukabumi Minim

Rep: Riga Nurul Iman/ Red: Karta Raharja Ucu
Sejumlah wisatawan bermain air saat matahari terbenam di pantai Palabuhanratu, Sukabumi, Jawa Barat.
Foto: Antara/Ismar Patrizki
Sejumlah wisatawan bermain air saat matahari terbenam di pantai Palabuhanratu, Sukabumi, Jawa Barat.

REPUBLIKA.CO.ID, SUKABUMI -- Sejumlah pengunjung yang berwisata ke sejumlah objek wisata pantai di Kabupaten Sukabumi mengeluhkan minimnya sarana umum. Terutama menyangkut sarana jalan raya dan ketersediaan toilet umum.

"Akses jalan di sejumlah titik masih ada yang berbatu dan berlubang,’’ ujar salah seorang wisatawan asal Bandung Risma (25 tahun) yang berkunjung ke Pantai Minajaya, Ahad (10/7). Kondisi tersebut menyebabkan kenyamanan wisatawan menjadi terganggu ketika menuju kawasan wisata.

Menurut Risma, selain jalan raya sarana umum lainnya yang perlu diperbaiki adalah jogging track. Pasalnya, keberadaan sarana tersebut sudah mengalami kerusakan.

Selain jalan raya, pengunjung lainnya mengeluhkan minimnya sarana toilet umum di lokasi wisata khususnya di Pantai Ujunggenteng, Kecamatan Ciracap. "Jumlah toilet umum di Ujunggenteng masih minim," ujar salah seorang wisatawan dari Kota Sukabumi Yosep (34).

Dampaknya, para wisatawan harus antr cukup lama untuk bisa menggunakan toilet. Dikatakan dia, seharusnya jumlah toilet umum ditambah untuk memberikan kenyamanan kepada pengunjung.

Petugas Retribusi Dinas Pariwisata, Kebudayaan, Pemuda, dan Olahraga (Disparbudpora) Pantai Minajaya Aziz menerangkan, sejumlah akses jalan menuju Pantai Minajaya memang mengalami kerusakan. "Sebenarnya sudah banyak yang diperbaiki," ujar dia.

Bahkan ungkap Aziz, kondisi jalan tahun ini lebih baik dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya. Namun ke depan pemkab berupaya memperbaiki sarana jalan raya yang mengalami kerusakan tersebut.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement