Kamis 27 Feb 2020 08:21 WIB

Kabupaten Sukabumi Kembangkan 10 Objek Wisata Baru

Kabupaten Sukabumi menarget objek wisata baru dikenal luas.

Rep: Riga Nurul Iman/ Red: Nur Aini
Jembatan gantung Situgunung di Kecamatan Kadudampit, Kabupaten Sukabumi bertambah jadi dua dan menjadi daya tarik baru bagi wisatawan, Ahad (2/2).
Foto: Republika/Riga Nurul Iman
Jembatan gantung Situgunung di Kecamatan Kadudampit, Kabupaten Sukabumi bertambah jadi dua dan menjadi daya tarik baru bagi wisatawan, Ahad (2/2).

REPUBLIKA.CO.ID, SUKABUMI -- Pemkab Sukabumi tengah mengembangkan seratusan obyek wisata baru yang belum tergali secara optimal. Targetnya keberadaan kawasan wisata itu dapat dikenal luas masyarakat baik Sukabumi maupun luar daerah.

''Ada sekitar 10 destinasi wisata baru di Kabupaten Sukabumi,'' ujar Kepala Dinas Pariwisata Usman Zaelani, Kamis (27/2). Obyek wisata itu cukup beragam mulai dari curug dan kawasan pegununungan yang indah.

Baca Juga

Destinasi wisata tersebut, kata Usman, setiap tahunnya akan terus ditata. Salah satunya akan membangun sarana dan prasana pendukung lainnya, misalnya di Curug Caweni Kecamatan Cidolog.

Upaya lainya dengan menggelar kegiatan Saba Desa Pariwisata. Ajang itu bertujuan mensosilasasikan dan mempromosikan wisata di desa seperti di Cidolog beberapa hari lalu.

Kegiatan tersebut, kata Usman, dalam kerangka peningkatan perekonomian masyarakat. Di mana sektor bisa wisata bisa mendatangkan pengunjung yang menggerakam roda ekonomi warga di sekitar.

Camat Cidolog, Sujana meyakini akan banyak manfaat positif dari kegiatan saba desa pariwisata untuk wilayahnya. ''Harapannya semoga bisa menjadi berkah bagi masyarakat dan memajukan kesejahteraan masyarakat,'' cetus dia.

Sujana berharap, ke depan Curug Caweni di wilayahnya tidak hanya menjadi wisata lokal. Namun, bisa menjadi wisata internasional.

Bupati Sukabumi Marwan Hamami mengatakan, di Cidolog akan ada potensi wisata baru yang dikembangkan sehingga Saba Desa Pariwisata dilakukan di tempat tersebut. "Destinasi ini menjadi model bagi pertumbuhan Cidolog," ujar dia.

Potensi sumber daya alam yang melimpah di Kecamatan Cidolog dinilai harus digali. Pengembangan destinasi wisata itu disebut akan berdampak pada peningkatan perekonomian masyarakat.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement